Wednesday, November 23, 2011

..Batpil minum madu campur jeruk nipis..

Radit kena batpil lagi deh. kasian batuknya ampe kayak gitu. Padahal baru sebulan yang lalu dia juga kena batpil. Sedih deh kalo liat anak sakit. Apalagi kalo malem kemaren, ga bisa tidur nyenyak, karna batuknya itu. Nangis2 tengah malem, karna mungkin kesel ga bisa napas, idungnya  mampet. Duh, kalo bisa penyakitnya pindah ke mama aja deh. 

Kemaren juga gw pulang agak cepet, karna telfon dari rumah kalo radit muntah2, perutnya juga kembung. Gw pikir musti dibawa kedokter ini nak. Tapi, sebelum pulang gw browsing2 dulu mengenai batuk pilek. Dan ternyata pemberian antibiotik kalo pada batpil itu tidak dianjurkan. Lah... gw selama ini selalu dapet antibiotik kalo ke dokter.

Even, bulan lalu waktu radit batpil juga. Ternyata batpil itu kan karna virus yang disebabkan mungkin kondisi badan lagi ga fit, bisa juga karna perubahan cuaca. Dan itu cukup hanya dengan istirahat yang cukup, minum air putih yang banyak, sama satu lagi yang ampuh buat batuk anak2, minum madu setengah sendok teh dicampur sama perasan jeruk nipis.

Kalo setiap anak batpil dikasih antibiotik terus, bisa2 virusnya nanti jadi kebal, dan bisa ditebak pasti bakalan sering kena batpil lagi. Akhirnya setelah diskusi sama ayah by ym, radit ga usah kedokter. Kita coba dulu home treatment itu. Trus mengenai kembungnya, gripe water katanya ampuh buat anak.

Pas gw pulang, radit idungnya masih meler2. Trus batuknya makin manjadi2. langsung gw kasih madu campur jeruk nipis, trus diminumin air hangat. Sama mertua juga perutnya yang kembung ditapel pake daun jarak yang di geseng sebentar campur minyak kayu putih. 

Alhamdulillah pas malemnya udah agak mendingan, udah ga kembung, batuknya juga udah agak reda, meskipun masih batuk2 juga si radit. Idungnya juga udah ga meler2 lagi. Trus tadi pagi, udah ceria lagi dia. Mudah2an sih sembuh total deh batpilnya. Pusing gw kalo anak sakit. Kalo orang dewasa kena flu aja ampe meriang2. Nih apalagi masih bocah. Makanya dia rewel terus.

Mulai sekarang, gw ga mau yang sebentar2 kedokter. Bukannya pelit, tapi kalo anak dikasih antibiotik mulu ama obat2 kimia kan ga bagus juga. Mendingan pake cara tradisional dulu deh. Kita observasi sehari dua hari, kalo batpilnya ternyata ga juga mambaik, ya terpaksa kedokter deh. 

Cari dokter yang RUM juga agak2 susah. Rata2 maen kasih antibiotik aja. Dan kalopun diajak diskusi, maunya cepet2 aja karna udah banyak pasien laen yang nunggu. Duhh, semoga radit sehat2 terus ya sayang.. cepet sembuh... We love you so much... *kiss kiss

2 comments:

  1. Obat tradisional emang paling t.o.p Kalau si kecil saya, biasanya saya kasih kencur. Lebih manjur daripada mucopect hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba.. tadinya aku agak sangsi sama obat2an tardisional, eeh malah lebih ampuh.. lagian aman kan buat si kecil juga. Mudah2an selalu diberi kesehatan ya anak2 kita.. ;)

      Delete