Friday, January 20, 2012

..Tahu saos asam manis..

ihhhh... kesel banget tadi pagi. Asli deh. Gw udah bangun jam 4 pagi dengan niat buat masak sarapan dengan menu tahu jepun saos asam manis. Laaaah gagyaaaal total. sebel banget. kenapa sih, gw ga bisa goreng tahu jepun itu dengan garing ? malah jadinya blenyek ga karu2an. Padahal gw udah gugle cara goreng tahu jepun kayak di restoran2 ituh. Eeeh tetep aja jadinya amburadul. Jadi kan ya menurut tipsnya disini, goreng tahu jepun di minyak panas dan api besar. Jadinya kuning kecoklatan tapi lembut didalemnya. 

Emang sih gw akuin, gw cuma pake penggorengan biasa. Harusnya pake teflon kali yak?. heeeh, tetep aja gw dongkol banget. Pokoknya gw ga akan menyerah, besok gw mau coba lagi. Harus bisa pokoknya. Harus!!! *iket kepala*  Naaah berhubung adanya tahu biasa, sisa makan malem, jadinya pake tahu itu deh. Nevertheless, rasanya tetep endang kok. Apalagi kalo ditambah pake daging cincang.
Eniweiiiii....ini dia nih resepnya (hihihihi kayak udah yang ahli masak aja yak gw) : 

- Tahu jepun / tahu putih (potong2, goreng, sisihkan)
- Baby kailan (secukupnya)
- Daging cincang/ udang (secukupnya)
- 1/2 Bawang bombay (iris tipis)
- 3 siung Bawang putih (geprek, trus di cacah)

Bahan saos :
- 2 sdm Saos tiram
- 4 sdm saos tomat
- 2 sdm saos sambal
- 1/2 sdt garam
- 1 sdt gula pasir

Tambahan : 
- 1 sdm tepung maizena

Cara : tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum, masukin daging / udang sampai berubah warna. Masukin bahan saosnya. Trus, masukin tahu dan baby kailannya. Aduk2 deh. Campur sedikit air, sampai mendidih. Sampai agak mengental kuahnya, masukin deh tepung maizena. 

Oia, harusnya tepung maizenanya di larutkan air dulu. Tapi gw sih hajar bleh. Ga sempet deh. Yang penting kecampur di masakannya paaaan. ;p Daaaan rasanya hmm... endaaaaang surendang. Pake nasi putih hangat, cocok buat sarapan pagi. yeuuk.

Ini asli gampang banget deh, tinggal cemplang cemplung jadi. Buktinya gw yang seumur2 ga bisa masak, hasilnya  enak kok  *muji diri sendiri* hahaha. Berhubung ada tragedi tahu jepun tadi, jadi lupa deh difoto. Besok2 kalo bikin masakan laen, bakalan di share juga deh potonya *deuuuh.. kayak yang bisa masak menu yang laenya. hihihihi.

No comments:

Post a Comment