Friday, May 25, 2012

..Anak itu..

Kemaren pas gw jalan mau pulang kantor, gw ga sengaja papasan sama ibu2 muda yang lagi gendong anaknya yang nangis kejer. Siibu gendong sambil bawa semacem kicrikan dari kayu buat ngamen. Dia ngomel-ngomel ke anak kecil yang digendong, karna mungkiin waktu dia ngamen, sianak ga bisa diem.  Atau mungkin ada sebab laen.

Dari bahasanya aja, gw udah meringis dengernya. Itu anak juga palingan baru setaun umurnya. Tapi siibu dengan galaknya marah-marah ngomong kasar. Gw sih ga liat siibu itu nyubit atau malah mukul sianak. Tapi, gw kasian aja sama anaknya itu. Dia masih terlalu kecil untuk diajak ngerti, dan di marah-marahin dengan bahasa yang ga enak didenger itu. 

Sianak tambah kejer nangsisnya, tapi siibu itu tetep aja marah-marah ga jelas. Gw kalo liat pemandangan kayak gini, rasanya mau nangis deh. Call me lebay, tapi kalo udah berhubungan dengan anak-anak yang di kasarin itu, rasanya kok ga tega banget. Mungkin aja kan si anak itu laper, atau haus atau mungkin ga nyaman diajak naik turun bis / angkot untuk nemenin ibunya ngamen. Makanya sianak itu nangis. 

Gw ga tau lagi si anak itu gimana, karna gw langsung naek kopaja arah pulang. Dalem hati, gw berdoa smoga anak itu ga kenapa-kenapa. Iya, serius gw berdoa loh. Gw sih ga ngejudge siibu itu ga punya hati ya, mungkin juga pendapatan dia hari itu lagi sedikit, atau mungkin dari pagi bloman makan, atau mungkin ada masalah di rumah tangganya atau masalah  tuntutan hidup yang semakin tinggi, jadi dia agak sutris waktu sianak nangis-nangis ga bisa diem waktu diajak ngamen. Tapi apapun itu, dia ga seharusnya marah-marahin anak sampe keluar kata-kata kasar begitu.  

Gw bukannya sok suci ga pernah ngomel sama radit. Tapi Insya Allah, gw akan selalu jaga kata-kata gw. Mostly, radit kalo rewel itu pasti karna ngantuk atau laper. Jadi gw udah apal, kalo dia uring-uringan. Atau juga karna dia lagi ga enak badan. Kalo yang namanya nakal, anak satu setengah taun  nakalnya apa sih? Paling, numpahin susu, lari-lari kalo mau dipakein baju, ga mau tidur siang atau kalo lagi disuapin, nutup mulutnya. Itu juga bukan kategori nakal kan.

Sebisa mungkin gw akan jaga esmosi gw. Jangan sampe anak dijadiin pelampiasan. Anak itu anugrah yang sangat luar biasa. Gw bener-bener bersyukur dikasih raditya. Ga semua orang bisa jadi orangtua. Anak itu cerminan orangtuanya. Baik atau buruk tergantung didikan orangtuanya. Mudah-mudahan gw sama si ayah bisa jadi panutan radit nantinya. Bisa ngebimbing dia jadi manusia yang berakhlak bagus, amin..

Oia, gw lagi suka banget deh poto-poto pake instagram. Hehehe norak yak gw. Orang-orang mah udah pada kenal instagram dari kapan tau ye. Gw baru tau ternyata instragram itu ga harus dari aipon yak. Dari henpon android pun bisa. Ya emon, kemana aja gw yak hihihii. Dari kemaren gw bolak balik aja tuh aplikasi. Seruuu yak ternyata :D 

Berikut putu-putunya :




Hehehe, masih amatir sih. Mudah2an ntar makin canggih deh pake instagramnya.

Have a great weekend ya :D

60 comments:

  1. :'( sedih bangettt..

    gw juga masih sering banget ngomel-ngomel sama anak gw.. tapi ya sama kaya lo mba.. sebisa mungkin di tahan dan sedikit si rem..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener ya mba.. apalagi kalo kita lagi keadaan cape, trus si bocah rewel, beuuh rasanya kepala udah berasap ajee.. :D
      musti saabaaar banget deh ngadepinnya..

      Delete
  2. Replies
    1. keren ya hasil instagram itu..Kalo ga pake instagram mah, hasilnya biasa aja. Namapun pake kamera henpon..hehehe

      Delete
  3. kalo saya yang liat adegan begitu, saya pasti sedih juga mbak, kasian juga ya anaknya, masih kecil tapi udah di omelin begitu.

    Padahal sebenarnya di dunia ini mah nggak ada yang namanya anak nakal ya mbak, yang ada justru orang tua yang kurang sabar...seperti si ibu yang mbak temui di jalan itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, mana anaknya kecil dan kurus banget. uhh, ga tegaaaa..

      jadi orangtua itu emang bener2 harus sabar banget. Mudah2an kita selalu bisa sabar ya mba..

      Delete
  4. *toss dulu*

    Aku paliiiing gak bisa liat anak dikasarin baik kata-kata maupun fisik deh. Beneran, pengen nangis jugaaaah! Soalnya aku pasti teringat waktu aku masih kecil sering digituin.

    Makanya aku bersumpah, aku gak mau anak2ku ngalamin yang sama. Sedihnya bukan main.
    Klo marah, aku sering bilang ke Little Bee: gih sono ke Jerman jadi orang hebat, jangan gangguin bunda mulu!
    Ahahaha!

    Aku juga baru tau android bisa instagram pas baca ini, tapi tunggu deh klo aku dah py android ;P

    ReplyDelete
    Replies
    1. *peeluukk* selalu ga tega liat2 kayak gitu..


      hihihi... kalo ngomel sekalipun musti ngomong yang bagus2 yak, mudah2an beneran little bee ntar bisa jadi orang hebat ya mba...:D

      iya aku juga baru2 ini taunya, kalo instagram bisa pake android hehehe

      Delete
  5. sehrusnya seorang ibu mau emosi gmna ngk boleh terlalu kasar kan mba? nnti ganggu psikolognya.. jadi sedih :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ga tegaaa...
      yang ditakutkan emang efek psikologisnya anak jadi ga bagus ya mba..

      Delete
  6. Hadooooh parah banget, ga jarang loh anak kayak gitu ternyata bukan anak kandung tapi anak sewaan yang dibayar perbulan. Katanya sik. Cieee punya instagram, apa usernya :))) sekalian download LINE dong biar bisa ocip ocip cantik sama buibu lain :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. eeeh iya juga ya pep..gw juga sering denger tentang sewa2an itu. kalo emang bener, misalnya tuh siibu nyewa anak itu, bener2 kasian anak kecilnya. tambah ga tegaaaa...
      siibu kandungnya lebih kejam, anak sendiri dieksploitasi begitu. udah kyak nyewa barang aja ya..*miris*

      eeh aplikasi kayak ym gitu ya pep? ntar coba gw install.. sip sip... hhihhi

      Delete
  7. Semoga ketika besar nanti, sang anak tidak akan mengulang hal yang sama kepada anak-anaknya, ya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. aminn mba.. smoga kita bisa menjadi orangtua yang bijak.
      dan ga pernah bosen belaajar :)

      Delete
  8. anak emang anugerah yang luar biasa ya....
    tapi namanya kita juga manusia, kadang gak bisa mengendalikan emosi ya. :D asal ya jangan pake kata2 yang kotor dan kekerasan fisik...

    tiap kali abis marah ke anak, emang rasanya trus merasa bersalah. tapi kalo gak dimarahin, takutnya anaknya ntar gak ngerti dikirain yang dia lakukan itu bener...

    yah begitulah jadi ortu. selalu ada dilemanya.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ihhh iya banget.. kadang pengen banget nyemplung kekolem kalo pas anak lagi rewel.. :D

      dilema banget ya man.. dan bener banget, gw kalo abis ngomel ke radit, trus pas liat dia tidur dengan muka innocentnya, pasti deh nyeseeel banget.
      musti extra sabar ngadepin sibocah :D

      Delete
  9. hmmm..... sejak memasuki usia tertentu dan kepengen punya anak, akupun berusaha banget untuk berhenti nge-judge gaya parenting ortu lain. kayak kapan hari pas di angkot, ada sepasang ibu dan anak yg naik setelah aku. mereka bercanda tp bahasanya si ibu kasar sekali. aku diem aja, langsung MEREM. pura2 tidur and tried not to think of anything more judgemental.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gaya parenting orang emang pasti beda satu sama lain ya mba...cuman aku semakin kesini semakin ga tegaan ama anak kecil. bawaannya pengen mewek aja kalo ada kejadian2 kayak gitu huhuhu

      Delete
  10. mungkin itu bukan anaknya des...
    banyak kan skrg ini fenomena pengamen atau pengemis yang menggendong-gendong anak balita untuk menarik belas kasihan orang padahal itu bukan anak benerannya

    makanya des kalau aq lagi marah atau kesel sm anak
    lebih baik aq masuk kamar untuk menenangkan diri

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya juga ya mba..makin kasian aku sama anak itu. ibunya tega banget nyewain anaknya sendiri...huhuhu
      aku kalo lagi kesel, juga suka meredam sendiri dulu, biasanya kasih keayahnya dulu...:D

      Delete
  11. iya mbk sedih kalo liat anak dmarah2..

    Aku jg suka gemes ma dzaky. Blgnya gemes soalnya sebisa mgkn g marah. Tp anehnya dzaky kalo aq rada emosi dia malah ketawa ato senyum gt.. Ooh gak jd marah deh. Mana kuat liat senyumanya!hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha samaaa mba aku juga...dikiranya kita lagi ngajak becanda kali yaa... :D

      Delete
  12. pernah baca juga katanya anak2 yg di gendong itu blm tentu anaknya dia sendiri tp anak2 yg di sewa2in gitu.. Gak tau bener atau enggak deh.. tp emang miris sih ngeliatnya keadaan kyk gitu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga sering denger mba tentang sewa2 anak kecil itu. Kasian banget tuh anak kalo emang iya.
      Smoga aja anak-anak yang disewa-sewain itu tetep terus tumbuh sehat ya mba, amin..

      Delete
  13. iya slama ini gw pikir emang pengemis yg bawa2 anak itu biasanya anak sewaan. soalnya gimana yah, kliatan gak mirip kadang (emboknya kurus ceking, anaknya gemuk lucu), ataw dari cara gendongnya yg gak care, kaya dislempangin doank sebagai aksesoris ngemis.
    ahh aku juga ga perna maen instagram, ga pny iphone ga pny android. hihi emang asik ya? apa itu LINE? hmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi perhatiin aja deh book...
      gw jadi makin kesian ama anak-anak itu, masih kecil udah diekploitasi. Kok bisa ya, ibu-ibu itu nyewain anak-anak mereka tanpa takut anaknya kenapa-napa.
      Mana yang gw liat kemaren itu anaknya kurus dan kayak ada yang dirasain. Makanya dia nangis kejer banget :,(

      Gw juga baru-baru ini taunya. Asik loh jeng.. Kalo tentang LINE si pepi itu masternya.. hihihi

      Delete
  14. setalah aku baca2, postingan2nya sangat bagus, menarik dan bermanfaat,,terus menulis,,karena dengan menulis kita bisa mengembangkan imajinasi kita dan menjadikan kita lebih kretaif..serta kadang bisa menghibur orang lain.. ^_^

    oia salam kenal
    kalau berkenan silahkan mampir ke EPICENTRUM
    jgn lupa follow juga ya buat nambah temen sesama blogger,,tukeran link juga boleh,,makasih..^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih ya ki.. :D

      Nanti gw mampir ya ke epicentrumnya..

      Delete
  15. Gw dan Hani suka sebel sama orang tua yang memperlakukan anaknya kayak gitu. Masya Allah, tau gak sih, kalo anak itu titipan Tuhan. Bukan titipan nenek moyangnya.
    Gw juga masih suka berantem sama Athia. Tapi abis itu nyeseeeel banget. Hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ih jadi kasian kan sama anak itu yang ga tau apa2. Masih banyak pasangan2 yang lagi nunggu2 kehadiran anak,eeh ini malah diperlakukan semena-mena.

      Beeuh sama ndah.. apalagi kalo abis dimarahin dia tetep manggil2 gw dengan matanya yang berbinar2 trus senyum.. Ihh nyesel abis deh.. :D

      Delete
  16. Kalo aku yang liat pemandangan kayak gitu, paling bakal sedih juga kayak kamu, Des...

    Anak itu mmg anugerah luar biasa karena itu harus dijaga dan dididik sebaik-baiknya yah. Aku juga sering marah ke Raja, tapi sebisa mungkin marahnya gak pake emosi tapi tegas supaya Raja ngerti untuk gak ngulangin lagi kesalahannya itu.

    Moga kita bsia jadi orang tua terbaik untuk anak2 ya Des :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ihh bener banget mba, anak akan mencontoh perilaku orangtuanya. Jadi musti dididik sebaik2nya.

      kalo kata mamaku, anak itu justru kalo dibilanginnya baik-baik malah nurut. Kalo dikasarin malahan tambah ngelawan nantinya.

      Amin, smoga ya mba.. :)

      Delete
  17. ckckck...
    jujur aja, aku juga sering keseeeel banget sama ke dua bocahku ituh...tapi sebisa mungkin selalu jaga omongan...takut nyesel...

    Dan...orang orang pada ribut instagram...
    apaan siiiiih...*udah gaptek males google pulak*...hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya mba sebisa mungkin ngomong yang bagus2, meskipun lagi esmosi.

      hahaha aku juga baru2 ini tau kok mbaa.. aplikasi yang bisa bikin poto biasa jadi kereen deh..
      Ayoo mba, diinstall... ;)

      Delete
  18. Hihi itu bener anaknya bukan ya yang diajak ngamen?
    Kadang suka bukan anaknya sendiri kan... duh miris T.T

    Aku juga lagi suka instagram mbak, dan aku juga baru tau beberapa minggu ini.
    Dan baru beberapa hari belakangan aku tahu kalau bisa follow memfollow hahahaha~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga tau juga aku na, itu anaknya atau bukan.. Kasian kalo emang bener itu anak sewaan. Mungkin dia nangis kejer itu karna ga nyaman sama siibu yang aku temuin itu.. :,(

      hihihi seruuu ya na instagram ituu.. aku aja sampe bolak balik utak atik aplikasi indang.. :D

      Delete
  19. Walah, kalau anak sewaan.. kesian banget ya anaknya.. Ga tau apa2, dibawa kesana kemari, panas2an, dimarah2in pula.. T__T teganya...

    Waaah.. aku juga main instagram loooh.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ho'oh be.. miris deh liatnya. Anaknya masih kecil banget..kaga tega banget dah liatnya...

      hihihi, user IDnya kita ceting di line yak barengan pepi :D

      Delete
  20. sedih yaa...kalo melihat pemandangan seperti itu.
    Ah...jadi pengin pulang ke ruamh trus meluk Samara :)

    Btw Radit lucu amat yaa..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kasian banget anak kecil itu mba. Aku ga tegaaa.. :,(
      smoga aja kita selalu bisa bersikap bijak ke anak2 kita ya mba..

      Delete
  21. aku malah baru tahu loh ada anak yg disewain bgt, teganyaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, kasian banget kan.. siibu menghalalkan segala cara buat dapet uang, dengan entengnya nyewain anaknya.
      Dia ga mikir apa ya ? kalo anaknya dikasih makan apa ngga sama yang nyewa anaknya. *miris*

      Delete
  22. Kadang-kadang yg digendong itu bukan anaknya sendiri Mbak. Anak sewaan. Yang hasilnya bagi dua dengan yang punya anak...Saya kalau melihat yg seperti itu, ibu yg sangar pada anak-anak, pengen nabokin ibunya..Sumpah..bikin emosi melihat perempuan kayak gitu...Emang siapa yg minta dilahirkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, banyak yang bilang gitu juga..
      Aku juga herran, anak bukannya di jaga dan dilindungin, ini malah dieksploitasi.
      Kasian aku mba, kan bisa aja anak itu kelaperan atau lagi ga enak bada. masih kecil banget lohh, kan blom bisa protes, yang ada dia cuma bisa nangis gegerungan :,(

      Delete
  23. Biasanya anak sewaan sih Des, mungkin itu makanya si ibu kasar banget. Etapi pernah ada yang aku tegor lho, belagu banget kan? :D
    Abis nggak tahan ngedengernya, kuping juga panas. Ibunya langsung melototin aku dengan muka nggak enak banget, tapi karena aku ngerasa aku negornya baek-baek, aku senyumin aja. Bener tapi kalo ngliat anak dikasarin di tempat umum, pengen buru-buru pulang trus meluk anakku. Nggak tau kenapa dampaknya jadi ke sana :D
    Amin amin YRA untuk doa buat Radit :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ho'oh kayaknya sih mba.. banyak juga yang bilang gitu disini.
      Aku mau negor ntar di pelintir lagi sama dia, secara badannya gedean dia ;p

      emberaan mba, jadi pengen2 peluk peluk terus anak kita ya mba..
      smoga aja anak2 kita selalu dalam lindungan-Nya, amin...

      Delete
  24. Contoh ibu yang nggak baik ya kayak gitu, kak. Semoga ada pelajaran yang bisa kita petik :)
    Anaknya imut kak! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. adduhh jadi terhura dipanggil kakak.. hehehe

      iya bisa jadi cerminan kalo kita lagi kesel sama anak, jangan sampe kasar dan harus sabaaar..

      makasih yaa...:D

      Delete
  25. ijin nyimak buat sabtu minggu ya... ^_^

    ReplyDelete
  26. miris ya ngeliatnya.. gak peduli itu anaknya sendiri atau apalagi anak orang lain, seorang ibu gak berhak ngebully anaknya, si anak kan gak pernah request minta dilahirkan kedunia ini.

    dan secara gw belom punya anak (suami aja belom punya koq..hehehe *numpang iklan*)
    gw aja sebel banget kalo liat ponakan gw yg umurnya 2thn diomelin/dibentak2 sama mamanya (kakak gw) biasanya karena susah makan, walaupun bukan dengan kalimat kasar/kotor tapi intonasinya itu lohhhh..... kalo pas gw lg denger pasti gw bakal komplen ke kakak gw, dan ngingetin dia untuk lebih sabar. karena yg menyiksa banget buat gw adalah ketika dia nangis karena dimarahin sama mamanya tapi tetep aja dia gak mau digendong sama orang lain, kekeuh maunya digendong mamanya >.<

    bersyukurlah wahai kalian para orangtua yang udah dikasih anugrah yg luar biasa itu :)
    uuuu....jadi kangen sama ponakan gw.
    kiss n hug buat radit ya jengg :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. eeh emang jeng, kalo radit semisal ngambek karna gw omelin, dia mah tetep aja, maunya digendong ama gw juga. Nah, langsung deh merasa bersalaaaaah banget karn tadi ngomelin dia.

      aah jadi pengen pulang meluk radiit... ;)

      Delete
  27. sebagai yang belum punya baby, tetap aja ga suka liat anak kecil dikasarin... mungkin karena dulunya orang tua sendiri belum terlalu matang waktu baru punya anak jadi galaknya suka berlebihan, jadi pelajaran yang berharga juga buat nanti, karena pernah merasakan jadi anak..

    ada di belakang rumah mama yang dulu kalo lagi ngegebugin anaknya sampe anaknya jerit2... masalahnya kepisah sama kali rumahnya di belakang, ga terlalu ketauan rumah yang mana... pas dilaporin ke RT, katanya beda komplek jd ga bisa ditegur.. susah, karena triggernya bisa macem2...

    ReplyDelete
    Replies
    1. addduhhh kasian banget ya anak itu nat. Ge ngebayangin aja, jadi sedih deh..
      Anak itu kan anugrah yang harus kita jaga & didik sebaik2nya, bukan malah di kasarain kayak begitu ya.. :,(

      Delete
  28. hmm...apa yah...sampai speechless mau nulis apa dan dari mana bingung....aku masih dijakarta dulu sering banget lihat pemandangan seperti itu saat...apa yah nggak bisa ngomong aku, melihat kondisi anak anaknya aja dah bikin hati ini trenyuh..kasiahan sama anaknya pingin marah sama ibunya yang tega banget gitu ngajak ngamen turun naik bis...panas panas..dari halte ke halte...astagfirullah..apalagi kita sekarang dah ada anak dah jadi emak emak...bisa merasakan banget kebutuhan kenyamanan dan kasih sayang seorang anak, mereka nggak minta di lahirkan sama kita, mereka anugerah dan titipan dari Allah untuk kita yang wajib kita jaga dan besarkan dengan kasih sayang..bukan dengan makian dan cacian dan dengan kemaharan...sama mbak kita bukan sok suci sebagai ibu..pernah marah juga ke kinan, tapi lebih ke kerangka kedisplinan dan itupun masih kita jaga jangan sampai yang namanya mukul atau kata kata yang kasar dan nggak bener...*amit amit naudzubillah...semoga kita selalu dijaga sama allah agar jadi ibu dan orangtua yang baik..
    bener juga kata teman teman, bisa jadi anak sewaan untuk menarik simpati, dari acara acara investigasi di tv tv itu pernah ada yang mengulas....
    semoga anak anak yang ada diluar sana semoga dilindungi sama allah, dan diberikan jalan yang terbaik....

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang malah makin banyak lagi mba, pemandangan kayak gitu. Kasian banget ama anak2 itu. Seharusnya mereka menikmati masa anak2 dengan riang gembira..

      iya mba, semoga kita selalu bisa jadi orangtua yang sabar dan jadi panutan yang baik untuk anak2..

      aku juga selalu ngedoain anak2 itu, supaya mereka dapat kehidupan yang layak selayaknya anak kecil yang seharusnya bisa bermain, bukan untuk bekerja dijalanan.. hiks..

      Delete