Wednesday, June 20, 2012

..komitmen..

Jadi inget postingan jeng tyka tentang beratnya menikah. Komitmen itu emang ga gampang. Memutuskan menikah dan menjalani hidup dengan pasangan butuh toleransi yang tinggi. Ga bisa egois satu sama lain. Musti seiring sejalan. Namanya pernikahan, bohong banget kalo ga pernah sekalipun berantem. Mau itu pasangan paling serasi sedunia kek, pasti pernah ngalamin yang namanya berantem. 

Jadi ceritanya, let say si A. Nah si A ini, saban hari kalo lagi bbm atau telfon, curhaaaat mulu tentang dia lagi berantem ama suaminya. Umur pernikahannya hampir sama kayak gw, kurang lebih dua taun setengah. Ampe bosen dengernya kalo dia lagi curhat. Karna nantinya mereka itu bakalan baikan trus berantem trus baikan trus berantem lagi. Gw aja yang denger, cape sendiri. Ga sekali dua kali loh. S-e-r-i-n-g b-a-n-g-e-t. 

Gw bukannya ga mau dengerin curhatan si temen gw ini. Tapi gw jadi prihatin sama dia. Menurut gw,  ga harus tiap persoalan rumah tangganya itu diceritain ke orang loh. Mungkin maksudnya buat ngilangin beban hatinya biar ga sumpek sama masalahnya. Tapi kan ada hal yang ga bisa di umbar ke orang orang. Apalagi yang gw tau, teman gw ini ga cerita sama gw aja, tapi sama kesemua orang.  Laaahhh...bijimane ?

Gw ama si ayah dibilang sering berantem sih ngga juga ya. Yang paling sering, gw ngambek ngambek ga jelas gitu, hehehe sama aja itu mah yak ? ;p Tapiii.. sebisa mungkin gw akan keep persoalan rumah tangga gw. Paling bener ya ngomong ama pasangan. Kalo masih buntu juga, minta advise orang paling dipercaya buat kasih pandangan atau option yang bisa kita ambil. 

Atau kalo ada masalah sama pasangan, gw sering tuh curhat ama mertua, tentunya dengan versi lebaynya gw. Dan seringnya gw yang dibelain, hihihi. Itu sih salah satu cara gw, kalo lagi buntu aja sih. Satu yang gw pegang, kalo ada masalah jangan pernah ngomong sama nyokap sendiri. Yang ada malah tambah rumit masalahnya. Namanya ortu sendiri kan pasti belain anaknya. Dan kalo udah gitu, ntar malahan si ayah yang dibetein ama nyokap. Yang ada bukannya selese malah nambah masalah.   

Gw termasuk tipe yang meledak ledak kalo lagi berantem. Maksudnya, kalo lagi ada masalah gw langsung ngomong jebrat jebret ga tangung tanggung. Berantem berantem deh. Gw mau masalah diselesaikan dengan cepet tanpa ngulur ngulur waktu. Biar hati juga cespleng. Ga ada yang ganjel. Nah beda ama nih ama tipe si ayah. Kalo siayah, tipe yang diem, katanya sih supaya bisa berpikir jernih dan ga pake esmosi. Yang ada kan jadi kesel sendiri. Pas gw udah rada tenangan, baru deh siayah coba ngomong ke gw. Kadang gw udah ngambek duluan, denger penjelasan dari dia :D

Ya begitu deh. Gw kadang bisa dibilang masih childish. Masih suka ngomel ngomel ga jelas, apalagi kalo lagi PMS. Suka tergesa gesa ngambil keputusan dan akhirannya nyesel. Kapan mo dewasanyaaaa ?? *garuk2 pala* Apa tipikal emak2 begitu yak? Apa cuma gw doang? Gw doang sih kayaknya.. *nanya ndiri jawab ndri..hehhee*

Smoga gw bisa lebih bijak dalam bersikap dan lebih sabar dalam ngadepin semua persoalan, amin.. Ngeniweiiii....Hari ini udah hari rabu aja ya, cepet banget deh kayaknya hari. Ntar tau2 udah weekend lagi. Cepet banget waktu. Mari kita bekerja lagi... Hepi wednesday... :))

*narsis dulu kita.. ;p

45 comments:

  1. Sy juga selalu gerah kl melihat seseorang yg terlalu berlebihan galaunya.. Setiap hari selah2 selalu bermasalah.. Kl spt itu sebaiknya sy mengindar.. Emang enakan yg biasa2 aja porsinya ya.. :)

    Mertua sy juga suka kasih tau ke sy & suami sy, kl ada mslh sebaiknya kalo mau curhatnya sm mertua.. Kl ke org tua, nanti khawatir gak bisa objektif penilaiannya.. Alhamdulillah mertua sy juga termasuk mertua yg oke untuk tempat curhat ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi galau.
      nah iya kan, jadi ikutan pusing kalo denger curhat beranteeem muluuu..

      Untungnya mertuaku juga mba, bisa diajak diskusi dengan ga subjectif penilaiannya.. :D

      Delete
  2. Aku juga punya temen, dikit2 curhat soal suaminya...gak cuma ke satu orang, tapi ke banyak org dan malah dishare pula di FB..ampun deh pokoknya..

    Bener tuh, mending curhat ke mertua. Orang tua dan mertua ku juga ngomong begitu...tapi sejauh ini sih puji Tuhan segala persoalan di antara kami cukup selesai di antara kami aja gak pernah sampe ke level ortu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ada temen ceurhat LEBAY di FB atau Twitter (atau status BBM).... Aku kok bawaannya sebel ya? Sebel iye, kepo jg iye sih tapinya, mwahahaha....

      Delete
    2. samaaa! gue jadi ikutan kepo kalo ada yang misuh misuh HAHAHA selama ini gue ga pernah curcol sama ortu. paling sama sohib yang gue percaya. cuma ga mau ngebebanin ortu aja karena kawatir ke anak-anaknya. tapi soal sohib, gue beneran milih dan ngerasa sreg duluk. btw desdes cantik :D

      Delete
    3. @ Jeng Allisa : ihh lebay bener kan kalo kayak gitu yak T_T
      harusnya emang musti diseleseikan ama pasangan aja sih, cuma waktu itu lagi buntu berat, jadi curhat2 lebay deh ke mertua, hihihi..

      @ Jeng Tyka :hahahaha yui yui... sebel tapi tetep pengen tau dese kenape ye..

      @ Jeng Pepiiih : ihh bener banget, gw juga ga mau ngebebanin pikiran ortu, kesianan. Biarlah ditelen sendiri aja. Kalo ama sahabat, gw juga liat2 dulu pep. Mana yang bisa dipercaya..

      Ahhh pepiihh maacih.. akyuu jadi maluu ;p

      Delete
  3. Salam kenal, Mbak. Hehe, nggak enak ya kalo tiap hari dengerin energi negatif mulu..

    Sesekali, tolak aja Mbak kalo dia nyebarin energi negatif, becandain, sesekali membagi energi positif dooong, gitu.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. eyymmm... jadi tambah mumet dengernya, haahaha..

      iya ih, enaknya dibecandain aja ya kalo dia udah mulai curhat2 gitu :D

      Makasih ya udah mampir, salam kenal juga.. ;)

      Delete
  4. betuuull.. ga semua masalah rumah tangga harus diumbar kemana mana.... yg punya masalah sama suami ya harusnya dibicarain sama suami .... salam kenal ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuujuuuu.. ga perlu orang2 diluar tau masalah kita kan ya bund.. :D

      Delete
  5. saya juga suka risih deh liat yang galu nya berlebihan hidup nya kaya nya sempit gtu yaaa.. !!
    seharus nya ga perlu di omongin masalah keluarga itu kan pribadi !! harus di liat dulu lah mana yang harus di omongin mna yang ngga !! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbyeeer.. ini mah sampe semua orang harus tau bok..
      Dia blom bisa milah kayanya. Jadi semua orang di curhatin mulu..T_T

      Delete
    2. suatu perasaan yang sulit di ungkapkan sehingga salah mengucapkan kepada orang yang salah pula !! terbawa emosi atau hanya pamer saja !! mungkin ga bisa membedakan mna yang harus di umbar dan tidak !! huhuuuuuu !!

      Delete
  6. Kayaknya aku sama dengan kamu deh desi, aku kalo lagi berantem sama suami mesti meledak-ledak dan suami cuman diem doang.
    Dan bener jangan curhat ke ortu, meskipun aku satu rumah, aku keep masalah antara aku dan suami dari mama karena dia tipikal orang yang gak bisa memandang masalah dengan objektif, yang ada malah belain aku mulu dan musuhin suami...runyam toh?
    Nice posting mom Desi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bawaannya kita esmosi mulu yak, apalagi ditambah kalo lagi pms, beeeuuhh senggol bacok deh, hahahaha..

      iya kan..makanya sebisa mungkin jangan pernah cerita yang ga enak2 ke ortu sendiri, ntar malahan jadi bumerang buat hubungan kita ma misua..

      Delete
  7. namanya kehidupan ya, mau menikah atau single, pasti ada aja persoalannya. bener gak. tinggal gimana kita menyikapinya. dan emang ada aja orang yang kerjaannya mengeluh terus. entah dia itu kurang banyak bersyukur atau mau nyari2 perhatian. tapi emang bikin cape dan males sih ngedengerin orang yang kerjaannya ngeluh mulu ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget man, semua orang toh pasti punya masalah. Dan ga semua harus tau masalah kita juga kan.
      Makanya, gw heran ama tipikal orang yang suka ngumbar2 atau ngeluh gitu. Mungkin maksudnya biar orang2 bersimpati kali ya, ma masalah2nya dia. Kalo sekali dua kali sih masih ok, laaah ini.. sering banget nget nget nget T_T

      Delete
  8. bener banget, setiap masalah RT sebisa mungkin gak dishare ke orang lain. Sebaik baik istri adalah yang bisa menjaga rahasia RTnya.

    Jujur itu berat banget karena kadang saya juga tergoda utk share ke orang lain, tapi hanya orang tertentu aja yang bisa kupercaya. Yang lainnya no way...ntar malah jadi konsumsi publik kaya artis2 indonesiah :)*sok ngartis*

    ReplyDelete
    Replies
    1. yess true beibeh..Sebagai estri solehah, kita harus menjaga rahasia rumah tangga.. *mata berbinar binar*

      Hahaha iya ih ntar kayak artis2 itu yak, yang malahan seneng di jadiin konsumsi publik.

      Btw bund, bole minta alamat email ga ? :D

      Delete
    2. boleh jeng... dhe.purple@yahoo.com
      silahkan kirim rainbow cake atau red velvet cake :D

      Delete
  9. Lagian masalah rumah tangga dicurhatin ke orang lain, toh orang lain juga gak bisa bantu.
    kalo gw lagi berantem sama Hani, yang bisa nyelesein ya gw berdua juga. Wong masalahnya ada di kami-kami juga. Heu heu heu...
    Lagian katanya kalo abis berantem itu biasanya lebih mesra lho...
    *mesum mode ON*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naah iya kaaan. Aneh kaan. Gw sih malah malu kalo semua orang jadi tau urusan rumah tangga gw.

      Emang udah paling bener deh ngomong ama pasangan. Kalo gw udah mentok banget, baru deh curhat2 lebay ke mertua :D
      Tapi sebisa mungkin, emang harus bisa diselesein bareng ma pasangan.

      Hahahaha etapi emang bener loh..gw pun begicyuuu.. ;p

      Delete
    2. *mesum mode ON*

      >>> nyahahahahaa indaaaaaaah! :)))))

      Delete
  10. aku juga tipe yg meledak ledak, suamiku pendiam ^_^

    katanya khan pasangan kita itu ibaratnya pakain kita ya , kalau ada yang rusak, berlobang pakaiannya ya hrs ditutup bukan malah diperllihatkan ke orang lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi apa rata2 begitu yak..

      bener banget mba, sebagai estrih harus bisa menjaga martabat suami kaan.. :D

      Delete
  11. Saya sih belum nikah mbak, hehe. tapi saya ga demen bgt kalo cewe suka ngambek-ngambek ga jelas. hehe
    Yang pasti salaing mengerti dan percaya ya mbak? hehe

    event ngeblog: menulis di blog dapet android, ikutan yuk!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha.. efek dari pms bikin perempuan suka ngambek2 ga jelas gitu dim.. *pembelaan*

      betull.. penting itu kepercayaan.. :D

      Delete
  12. setuju des.. setiap pasangan pasti ada berantem nya dan berantem itu bumbu dari hubungan.. biar makin sedep gituh :D

    gw jarang berantem sama hubby, tapi seringnya gw yg ngambek *tutupmuka*

    tapi ya itu deh.. sebisa mungkin menutup masalah RT.. sebaiknya untuk dikonsumsi berdua ajah.. klo gw mau curhat sama mertua ngga bisa, mertua gw udh pada alm jadi biasanya mendem aja deh atau omongin langsung sama hubby..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya mba yak..kalo kata indah, justru abis berantem malah makin mesra.. ;p

      tuh kaan.. apa emang tipikal emak2 jaman sekarang gampang ngambekan kali yak, hahaha..

      bener mba, sebisa mungkin diomongin dan diselesein langsung ama pasangan ya, biar ga tambah runyam. Gw jarang sih curhat ama mertua, paling sekali dua kali aja, kalo lagi mentok, hehehe..

      Delete
  13. aq juga paling anti Des cerita2 masalah rumah tangga sama orang lain
    jangan orang lain deng,keluarga juga gak pernah

    tapi ada sih sebagian orang yg memang mungkin lebih lega kalau sudah menceritakan masalah pada orang lain
    berabenya klo qta salah pilih orang buat curhat
    bukannya ngademin malah ngomporin....hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ihh sama mba..aku kalo ke keluarga, ngga deh. Ntar yang ada malah tambah runyam, karna kan pasti penilaiannya ga objectif..

      iya mba, musti diliat2 dulu orangnya, gimana personalitynya dia, gimana attitude dia, gimana tata cara ngomongnya dia *ini mau curhat ribet amat kriterianya yak hahaha..

      Delete
  14. wwewe, setiap berantem diceritain ke semua orang, terus doskigak punya privasi lagi dong mpok ..hehe
    karakter orang emang unik" :P
    kalo lo senengnya ngadu ama mertua ya kak, kasian amat itu si abang, diserang 2 wanita yang paling dicintainya*komenapaini??

    hehe,

    selamat bekerja lagi dah mpok ..
    potonya cantik :P :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. eeehh.. mpak mpok mpak mpok, eik masih abg gini jugaa.. hihihi *plak

      iya yak, kesianan siayah di keroyok. Ntar juga lo suatu hari ngerasain berada di posisi si ayah, hahahaha..

      hihih trimikisih.. ;p

      Delete
  15. Mihihihi aku belum pernah dicurhatin sama temenku tentang suaminya... lha wong teman sebaya saya kan rata2 belum nikah. *masih remajaaa ni hihi*
    Tapi emang ngeselin sih kalo ada temen yang curhat mulu, sedih2 terus lagi... kayak gak pernah seneng gitu. Sebel dengernyaaaa. *emosi*
    Apalagi itu ya, curhat tentang rumahtangga hemmm...

    ReplyDelete
    Replies
    1. eik juga masih remaja looh.. hihihi *denial*

      Embeeerr naa.. berasa paling sedih sedunia deh kalo kayak gitu. Kan maless lama2 dengernya. Jadi ikutan butek T__T

      Delete
  16. Gue sellau cerita ke mama. Yang ada malah mama selalu belain laki gue. T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwkk lucu deh nyokap lo fel. Berarti Ony mantu kesayangan ya.. :D

      Delete
  17. komitmen itu memang harus dijaga selamanya...
    postingannya sangat bagus saya banyak belajar dengan blog ini...
    terima kasih,
    silahkan mampir

    ReplyDelete
  18. Hai Deeeees...
    Maap baru mampir lagih yaaaa :)

    Dan kalo ngomongin masalah berantem...haduh...justru kalo gak berantem malah gak seru kali yah...*dasar antagonis*

    Abah tuh kalo diajak berantem gak asyik banget deh, aku udah semangat ngomel dia dieeeem ajah...huh..payah...
    Trus setelah ndengerin aku ngomel, baru dia ngomong deh...berarti samaan juga ama suamimu yah...hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. halluw mba ery *cupika cupiki* :D

      Kata orang2 juga begitu, kalo ga berantem, hambar.. hihihihi
      Ihh, samaaan banget berarti yak tipikalnya si abah en si ayah. Kalo ketemu dan ngumpul pasti nyambung deh, heuheuheuheu..

      Delete
  19. Hmmm dalam setiap rumah tangga, antara kita dan suami pasti ada aja yang kadang bikin nggak sreg...jangan sampek deh curhat curhat keluar..*pan itu aib kita juga...baik buruk kita atau suami dan segala permasalahannya kita harus menyelesaikannya dengan pasangan...akan lebih indah dengan proses seperti itu...tidak dengan saling hujat menghujat dan cerita sana sini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget mba, sebisa mungkin harus diselesein ama pasangan juga. Kan sumber masalahnya ama pasangan.
      Tapi kalo lagi mentok mentok banget, aku curhat ama orang yang bener2 bisa dipercaya dan bisa kasih masukan atau option positif ke aku, atau juga curhat ke mertua deh..biar dibelain..hihihihi

      Delete
  20. stuju banget, ga smua perlu dicritain ke org lain. lagipula kadang org lain itu bukannya bantu tapi malah bikin masalah rumah tangga jadi ruwet. dan jangan sampe juga curhatnya ke lawan jenis, biar dikata temen juga, ntar jadinya malah selingkuh hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ihh bener banget mba, jangan sampe juga curhat ke lawan jenis. Kebanyakan jatoh2nya malah selingkooh.. hiiyy.. syerem ah..:D

      Delete