Friday, September 14, 2012

..tentang lahiran..

Gegara selasa kemaren ketemuan ama Della en Indah yang kece dan lucu, jadi pengen cerita tentang lahiran deh. Namanya emak2 yee..ga jauh2 dari bahas seputar anak ama keluarga. Nah salah satunya bahas tentang lahiran.

Dulu, gue paling takut kalo denger kata lahiran. Ngebayanginnya aja udah bikin mules. Tapi ternyata sebage perempewi, mau ga mau, suka ga suka akan ngelewatin yang namanya proses ngelahirin.  Makanya pas tau waktu hamdun dulu, gue deg2an mikir gimana ya nanti kalo lahiran. Kan kata orang2, itu perjuangan hidup dan mati. 

Dan ternyata..emang bener2 sakiit kakaaak. Ga salah emang kalo surga di bawah telapak kaki ibu deh. Yang gue sangka lahiran cuma mules2 kek mau pupup, eeh ga taunya lebih dahsyat dari itu. Rasanya maksnyuussss..:D 

Gue jadi inget dulu waktu pas diinduksi, ya ampuun ya itu perut kek dipelintir bolak balik deh. Pinggang udah kek abis dipukulin 10 orang. Ditambah lagi, tiap di check udah pembukaan berapa ama dokternya, gue langsung nangis. Gimana ngga? punya kita di "colok2" untuk tau udah sampe pembukaan berapa. And it really hurt you know.. Dan selama sehari semalem itu, cuma pembukaan 2 aja dong.

Gue ampe minta maaf ama nyokap & mertua, saking udah ga tahannya nahan sakit. Takut2 gue kualat atau apa gitu, karna bayinya ga mau gerak2 keluar. Ya udah deh, daripada gue tambah stress dan takutnya si bayi di dalem perut juga stress, akhirnya gue minta di c-sect aja.

Tottaly gue mules2 itu dari jam 4 sore sampe jam 2 siang besokannya. Udah pengen gila rasanya ngerasin mules2 kek gitu. Pertimbangan laen, juga karna ketuban gue udah pecah pas kemarennya. Jadi ya daripada daripada, mendingan di c-sect ajah. Pupus udah harapan pengen lahiran normal.

Pikir gue kan pengen lahiran normal, biar biaya rumah sakitnya lebih murce hehehe. Tau sendiri biaya lahiran cesar sekarang berapa. Ehh..ga taunya musti ngalamin di c-sect juga. Setelah disiapin semua dan dicheck ini itu, jam 4 sore..akhirnya lahirlah raditya. Prosesnya cuma 10 menit. Thank's God ga ada kekurangan suatu apa pun.

Apapun itu, mau lahiran normal atau c-sect kek, menurut gue tetep itu perjuangan antara hidup dan mati. Lahiran ya lahiran, mau itu normal atau c-sect. Yang penting setelahnya, kondisi ibu dan bayi sehat walafiat. Tapi sih deep down inside, kalo ntar hamil lagi, pengen normal aja ah, lumayan kan biayanya, lebih irit hihihihi

Oia, gue mau cerita sedikit tentang kopdar kemaren. Ternyata yaa..Della en Indah itu aslinya ya sama kek yang diceritain di blog. Ga lebih ga kurang. Bawel, lucu, khas emak2 banget deh. Semuanya keliatan, pas ketemu aslinya. They are humble, nice and soo friendly. Rasanya kek udah temenan lama, padahal baru kali itu kita ketemuan. Seneng banget kemaren. Thank's yaa..kapan2 kita ketemuan lagi, playdate ama bocah2 *wink wink*

*) maap ga tampilin photo, soalnya saking senengnya kemaren, gue lupa photo2 pake hape gue sendiri. Kalo mo liat photo2 kita kemaren, liat di blog Della ama Indah aja yaa... ;p hihihi

47 comments:

  1. Des crita lahiran lo mirip deh sama gw. Udah diinduksi dan ngerasain kontraksi yang aduhai tapi ujung2 nya c-sect.

    Aduh gw nulis ini jd mules lg hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. rasanya maknyuss ya Dhit..hihihi
      kalo tau gitu kan, mendingan di jadwalin c-sect dari awal, jadi kaga pake mules2an yak..;p

      Delete
  2. Dulu aku juga bergidik kalo ada orang cerita soal lahiran. Kalo aku berharap juga lahiran normal, giliran udah bukaan 1, trus diusg lagi, posisinya Manda miring dan bbnya lumayan, disuruh sc sama dsognya... :( langsung lemes deh, dicek tekanan darahku langsung drop hahaha...
    Setuju kalo lahiran model apapun tetep perjuangan hidup mati ya...
    Aku udah lihat fotomu, kayaknya kamu sama kurusnya denganku deh hahaha sotoy :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. adduh..pasti horor juga deh kalo kek begitu.
      Untungnya udah lewat masa itu ya Mar..tinggal siapin mental lagi buat anak kedua nanti..eaaaaa...:D

      etapi kalo aku liat fotomu, keknya lebih berisian kamu deh Mar..;)

      Delete
  3. Sebagai orang yang cuman nemenin lahiran setuju banget kalo apapun caranya lahiran itu proses yang luar biasa. Ya sakitnya ya ajaibnya.. Salut buat para Ibu. *bowing*

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Dan..aku suka sebel aja, masih ada yang masalahin kita lahiran normal apa c-sect T__T
      padahal sakitnya juga samaaa...

      Delete
  4. Ibu2 iki medhen2i wae deh, wkwkwkwk....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiihihi bukan nakut2in Tyk..emang maknyusss kok..;p

      Delete
  5. mbak...dulu saya juga di induksi lho....

    itu sakitnya emang aduhai ya mbak..hihi...emang perjuangan seorang ibu itu luarbiasa deh...salut untuk semua ibu di dunia...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sakitnya ampun2an deh ya mba..aku aja kalo inget proses itu, jadi ngilu...:D

      Delete
  6. Baruuu mau nanya, kok nggak ada fotonya, hihihi :D
    Dohhh gak kebayang euyyy... tar aku melahirkan gak yaaa, fufufu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. poto2nya ga sempet diabadikan pake bb ku Na..;p

      nanti Una juga akan merasakan, betapa 'enaknya' proses itu, heuheuheu..

      Delete
  7. bener banget des... namanya melahirkan itu emang perjuangan antara hidup dan mati...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa Man bener2 taruhan nyawa..
      dan ternyata ya jumlah ibu yang meninggal pas melahirkan itu juga ga sedikit jumlahnya..hiks..

      Delete
  8. ngilu deh denger kata lahiran,mules,colok2 apalagi !!! ..
    pengen banget ngerasain ngelahirin itu tapi masih belum siap ajja :( takuuut ......

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi bukannya mau nakut2in inih, tapi itu real dari pengalaman aku kemaren..:D

      Delete
  9. eh tapi c sect itu kan sakit jugaaaa.....aku pas ngelahirin katy juga uda induksi ampek 24 jam gak kluar2. dah gitu mau c-sect itu suntik epiduralnya kan juga sakit bukan main, aku teriak2 hahahaha malu2in banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kan ya mba..sakit banget itu suntikannya. Apalagi pas abis dioperasi trus obat biusnya udah ilang, beuuuhh tambah menjadi2 ya rasanya :D

      Delete
  10. aku gak penrah merasakan mulas loh dua2nya :) seru ya kopdarnya, trus kita kapan nih? hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wihh padahal mantap loh mba rasanya mules2 ituh..:p
      waktu itu langsung di jadwalin c-sect ya mba?

      bulan depan yuk mbaa..;))

      Delete
  11. mules dr jam 4 sore sp jam 2 sore?? ck..ck..ck.. sy aja yg mules dr jam 7 pagi sp jam 12 siang udah berasa bgt sakitnya.. Eh ujung2nya caesar pula.. hehe.. Tp emang perjuangan seorang ibu tuh beraatt :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti pengalaman aku juga banyak yang sama ya..mau normal eeh malahan di c-sect juga akhirannya..:D

      Delete
  12. Gw malah nggak ada mules2nya acan. Abis baca ini, jadi pengen bikin posting tentang lahiran Nadya juga, hihihi..

    Btw, gw agak tersinggung dibilang humble. Gw ni tinggi hati tau, Des :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh ayoo dong diposting, gue pan penasaran :D

      hihihi lo ama Indah emang humble kok, menyenangkan deh kumpul2 kemaren yak..hohohoho

      Delete
  13. biasanya seorang perempuan baru sadar betapa mulia-nya seorang ibu saat perempuan tersebut merasakan sendiri proses melahirkan,
    untunglah kalau ibu-nya masih hidup...bisa sgera menghampiri untuk meminta maaf, coba bayangkan seandainya sang ibu sudah tiada :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pak..semoga aku ga akan nyia2in waktu buat minta maap & bahagiain orangtua..:)

      Delete
  14. c-sect itu sesar ye ?
    gapapalah gak normal juga, udah lama banget mulesnya dari 4sore ampe 2siang, gue juga ngebayanginnya serem aje dah.. emang dasyat ye jadi ibu", perjuangan pol-polan gila.. kayaknya entar gue mau meluk emak gue nih.. hehe :P
    Yah, untung terbayar ye kak, dapet anak se unyu Radith :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Sra, di cesar..
      parah yee..ampe hampir 24 jam..:D

      o..tentuuu...seunyu mamanya kaaaan..;p

      Delete
    2. ckck,
      kalo gak salah, kalo pas lahiran harus diinduksi, itu berarti aer ketubannya kurang ya mpok..
      wah, makanye banyak minum aer mpok kalo lagi tekdung *sotoy
      hehe
      wah, semoga mbak Della lancar" aja ya, scara dia lg tekdung juga ..

      ehm..
      Iya dah :P

      Delete
  15. hari terakhir sebelum cuti, ada teman kerja (cowok) 1 jemputan nanya... "kamu gak takut Lu?" dengan enteng bilang...."enggakkk!!!"
    eh, pas lairan dong!!!! cuman bisa mbatin...busyettt...kenapa gak ada yang bilang sih kalau mulesnya lebih sakit dari ngelahirin itu sendiri hehehehe....
    tapi syukurlah, dengan tahu istrinya diambang maut kaya gitu...suami lempeng2 aja waktu aku bilang....aku gak mau lagi! hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha iya yak..mulesnya tiada tara rasanyaa...:D

      lah, jadi beneran ga nambah ade buat Inot mba? ;p

      Delete
  16. ngilu gw bacanya.. berarti lo ngerasain semua nya ya des..
    tapi pas ketemu sama radith pasti semua rasa sakitnya hilang :)

    btw kopdarnya kok ga diceritain detail sih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Ke...kan rencana emang mo lahiran normal..eeh ga taunya malah di c-sect juga :)

      hihihi abisan cuma sebentar ketemuannya ;p

      Delete
  17. Duh, baca tentang lahiran ajah udah bikin mules Des..hihihi...
    Untunglah dulu waktu Kayla ama Fathir mulesnya gak pake lama...
    tapi teuteup ajaaaa...sakiiiit...hihihi...

    Makanya aku mah sudah cukup 2 saja lah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sakiit banget, aku malah sempet kapok mba..
      makanya aku masih berpikir seribu kali, kalo mau nambah anak lagi..hehehe

      Delete
  18. wah .. aku akhir akhir ini kok baca banyak postingan ttg melahirkan ya ... jadi pengen :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. smoga ga lama lagi, mba Ely cepet merasakannya ..:) rasanya mantaaaap... :D

      Delete
  19. *toss dulu dong ah*

    Sama kita dong, sakit udah ampun2an eh ujung2nya cesar jugaaaa *hadoooh*

    Mdh2an yang kedua nanti, kita normal yak! *kok janjian inih?*

    ReplyDelete
    Replies
    1. ho'oh yak..udahlah mana sakit pinggang juga..hahaha

      yess ayook...hihhihi

      Delete
  20. hhmm...nikmat banget ya Des ngalamin keduanya, ya mules ya sesar :(
    Alhamdulialh gw cuma 1 kali aja ngalamin "nikmatnya" lahiran yaitu pasca sesar *bangga* hahaha...gw terpaksa sesar karena posisi Samara melintang, untung dibiayai kantor :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyak pokoknya endang estaurina banget dah..:D

      nah lebih enak kalo udah direncanain gitu ya bok, apalagi kalo dibiayain, hihihihi

      Delete
  21. Hadoooooh, g malah jadi takut baca postingan lo, Maaaaak. >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi ini bukannya mau nakut2in Fel..tapi beneran dah, "enak" banget rasanya..;p

      Delete
  22. beratnya jadi ibu ya mbak, namun kalau ikhlas akan mudah urusannya

    ReplyDelete
  23. Desi,
    Loe kenapa gak bilang kalo gw beda ama aselinya. *manyun*
    Aselinya kan gw ini pemalu, sholehah, so sweet...hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. apaaaah??
      iya iya aja dah..hahahaha

      Delete