Thursday, January 9, 2014

..Makanan yang dihindarin bumil..

Kalo duluuu..pas hamil Radit, rajiin banget makan bubur kacang ijo. Tiap hari ngantor pasti bawa deh tuh. Dimakan pas jam 10 pagi, atau ga jam 3an (jam lagi laper2nya bumil). Sampe enek banget deh makannya, ya mungkin karna tiap harinya itu. Soalnya kan katanya biar rambut anaknya tebel. Trus rambut Radit tebel ga ? ga juga sih..biasa2 aja..hihihi

Tapi sekaraaaang..hohohoho boro2 deh. Rasanya malees banget masaknya. Palingan beli yang minuman sari kacang ijo yang kemasan aja. Itu juga kalo lagi mood ;p Minum susu hamil pun ga pernaah. Minumnya susu  ultra aja, tapi harus didingin dulu ya biar seger.

Buah2an wajib tiap hari musti konsumsi. Pepaya, pisang, semangka, jeruk..gitu2 aja. Jusnya kalo ga alpuket ya mangga *sebenernya tergantung supermarket depan kantor sih, adanya buah apaan.. :D

Berikut daftar makanan yang harus dihindarin dulu saat hamil begindang :

1. Steak
hmm...selama hamil ini sih pernah makan steak 2 kali. Soalnya pengen pake bangeet..gimana dong. Menurut referensi yang gue baca sih, bumil boleh2 aja makan steak, asal matengnya sempurna alias well done. Pada dasarnya kan bagus ya daging merah buat asupan bumil, cuma harusnya yang direbus atau di goreng aja. 

Dan kalo pun emang pengen banget steak, ya harus order yang well done. Catetannya jangan keseringan aja dulu makan steak  :)

2. Mie instan
Zuzur gue khilaf pernah makan ind*mie ini juga pas kemarenan. Dua kali juga. Gara2nya liat di internet, ada gambar mie rebus pake telor trus sama irisan cabe rawit. Omg..omg...gue kan jadi kepengeeen. Ya udin lah bikin.

Cuma masaknya, setelah mie direbus aer dibuang, diganti sama aer termos aja. Meminimalisir "racun" nya lah istilahnya. Walopun ya emang seharusnya dihindarin dulu makan mie2 instan begini. Padahal waktu hamil Radit, gue sama sekali ga nafsu loh ama mie instan ini. Sama sekali ga pernah makan. Tapi kenapa hamil yang sekarang, malah ngidam banget... :D

3. Sushi
Zuzur lagi, kemaren baruuu aja makan sushi ini. Bener2 ga tahan deh. Cabcuslah gue kemaren ke Sushi-ya Tis square. Haduuhh..rasanya enaaaak banget deh. Cuma pesen yang ga ada daging mentahnya. Pokoknya cuma mau ngilangin kepengennya deh. Ampuuun dah...

4. Sate
Maaaakk...mau ngaku lagi, kemarenan sempet makan sate padang. Kepengeeen banget waktu ga sengaja lewatin yang jualan sate padang, aromanya itu looh..Akhirnya ga tahan beli deh. Tapi untungnya gue cepet sadar, ga makan banyak2. Untungnya lagi sih ga tergoda makan sate ayam. Soalnya kan bagian yang gosong2 di satenya itu yang harus dihindarin. Pokoknya cukup sekali itu doang deh *lap keringet*

5. Gorengan abang2
Pas ga lagi hamdun pun udah ga pernah beli lagi goreng2an di abang2. Ngeri minyaknya itu loh. Walopun teteeep siih...suka gimanaa gitu kalo pas lagi lewat tukang gorengan, trus nyium bakwan yang abis digoreng, pengen rasanya nyomot atuuu aja, hahaha.

6. Minuman bersoda
Alhamdulillah kalo yang ini sih bisa banget ga tergoda. Wong udah tau banget kok bahayanya kalo sering minum bersoda gitu. Palingan kalo pas makan di fast food, suka minta ganti minumnya teh botol atau aer mineral, walopun suka ada charge tambahannya. Ga pa pa lah, daripada daripada kaan...

Apalagi yaa..oia iya..kerang2an juga musti dihindarin dulu. Katanya kan kerang suka mengandung logam dari laut yang terkontaminasi. Ikan2 laut juga harusnya sih bagus dikonsumsi, cuma takutnya ya itu ada yang terkontaminasi logam. Jadi gue pilih ikan aer tawar aja, kayak mujaer, bandeng, atau gurame.

Kopi ama teh sepanjang ga berlebihan masih di bolehin. Say goodbye dulu ama star**ck dan kawan2. Jarang2 aja belinya. Teh juga ga terlalu gimana2 sih. Dari dulu emang ga begitu suka minum teh. Banyakin aer putih. Walopun setelahnya bikin kebelet vivis mulu karna kebanyakan minum.

Vitamin2 juga jangan lupa dikonsumsi. Biar daya tahan tubuh bagus. Olahraga ? hmm... nyapu, nyuci piring termasuk olahraga ga sih ? hahaha gue jarang banget nih olahraga. Etapi kalo lagi pulang kerja naek angkot, suka jalan kaki jauh loh dari pangkalan angkot ke rumah. Itu sama aja olahraga kaan...hihihihi sotoy ;p

74 comments:

  1. steak, mie instans, sate dan sushi aku doyan banget..kecuali minuman bersoda....untunglah aku nggak hamil jadi bisa mengkonsumsi semuanya :-D
    keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya nih...lagi berusaha menghindari makanan2 yang enak itu... ;p

      Delete
  2. Bhahahahahahaha... Mak Deeees. Dirimu bikin pengakuan dosa toh ini ceritanya.
    *Tarik Yeye, sodorin steak holycow.
    *kemudian dipelototin Lombi, tarik-tarik istri orang
    Hahahaha

    Semoga sehat selalu ya Desi dan adeknya Radit.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihihihi iyaaaaaak......bener2 dosa dah tuh kemaren, khilaf ceritanya... ;p

      wkwkwkwkwkwk gilingaaaaaannnnn padiii.. :D

      amiiinnn...mamacih om Danii...

      Delete
    2. hahahahaha selama hamil ini gw br sekali makan steak.. itu jg well done.. menurut gw sih gpp lah yah sbln sekali tp krn gw udah insap boros jd cukup lah kmrn itu makan steak nya hahaha

      Ehhh Daniiii, mana traktiran steaknyaaaaaaaaaa???
      Des, kita mau ditraktir Dani makan steak lhoooo *tebar racunnn*

      Delete
    3. @mak Yeye : seriusaaan....siiip laaaah....gue arrange waktunya yaaa Daaan.....hihihihi ;p

      Delete
  3. Setujes ama pak dani...ini popstingan pengakuan dosa....

    Mudah2an sehat terus ya mak Des, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha embyeeer maaak...ngaku dah ini ngakuuuu.... ;p

      amiiinn..makasih tante Pungky..;)

      Delete
  4. semua yg disebutin enaaaaak gimn g tergoda yaa :D
    tp demi anak g msalah bgt kan hehehehe,,, duuuh kapan ya bisa hamil juga *curcolniyee* hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ho'oh...enak2 semua gimana dooongg...hihihi ;p

      Delete
  5. sate, kalau hamil bikin mupeng. kalau makanan lain sih bisa aku hindari

    ReplyDelete
    Replies
    1. sate...aroma nya menggoda iman ya mba .... :D

      Delete
  6. Semoga sehat selalu ya mak dan adiknya Radit..
    Aku dulu juga suka makan sate pas hamil :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin maaakk Noph ;)

      aroma sate ama bumbu kacangnya itu looh yang mengenin...hihihi

      Delete
  7. sate dan mie instan itu yg masih suka menggoda.. baunya itu..hush..hush..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya nih..aduuh pokoknya aku mau jauh2an dulu ama aroma makanan itu..ga ku kuu soalnyaa...;p

      Delete
  8. paling ga kuat emg ngindarin mie instan..

    lo sama persis kaya gw.. hamil kedua males bener makan kacang ijo trus minum susunya kudu ultra dan dingin.. susu hamil ditengok juga ngga :D

    sehat2 terus ya bumilll

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Ke...apalagi ada telor ama irisan cabe rawitnya kaan...hihihi ;p

      ihh..toss dulu dong kita..smoga nanti anak gue juga berisi kayak Tiara yaa... ;))

      Delete
  9. wah Tipsnya buat kk saya nih yang lg nyidam. makasih mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi ini bukan tips siih sebenernya...cuma catetan buat diri sendiri... ;))

      Delete
  10. Klo MIE yahhhh gw seringan khilaf nya makkkk.. aslii parah banget gw hamil ini, bandel banget. Wkt hamil Millie gw jaga banget, bnr2 terbebas dr Mie.. kalo skrg mah sleborrrr abissss :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. NAAAAHH..samaaaaa banget daaah..kayaknya kok gue juga cuek aja makan ini makan itu...kaga mikirin nutrisinya blass dah..yang penting terpenuhin ngidamnya ya kaaaaan...hihihihi

      Delete
  11. Minuman bersoda dan asap rokok yang kaya masuk urusan pertama deh mba, soalnya menurut penelitian bisa berdampak negatif bagi kandungan

    ReplyDelete
    Replies
    1. oo..iya asep rokok juga emang wajib di hindarin...jangannkan lagi hamdun gini, ga lagi hamdun pun emang harus jauh2an kaan.. :)

      Delete
  12. Hahahaha.. Desiiii.. Ini mah banyakan khilafnyaaa... *sodorin indomie pake rawit*

    Gpp lah yg penting sehat terus ya bumiiil... :*

    Oh iyaa.. Mudah2an cepet montook... *ini antara doa atau nyumpahin beda tipis*

    ReplyDelete
    Replies
    1. *nyendok indomie pake rawitnya* #lho

      makasiiihhh tante Mumuuut :*

      hahahahaha emang akika pengen montoookk kooook..... hahaha ;p

      Delete
  13. beberapa teman juga cerita kalo kehamilan kedua terkadang lebih slebor, lebih cuek.
    bener ya mak? :)

    Semoga tetap sehat yaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya deh mak.. beda banget waktu hamil Radit.. indomie aja ga nafsu blass..eeh ini hamdun kedua malah kepengen pake bangeet.. ;p

      amiiiiin...makasiih tante Yaniii... :*

      Delete
  14. Ada lagi mak, baso pinggir jalan, sayuran mentah :) Semoga semuanya lancar dan selalu sehat ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. oia iyaa...bakso abang2..:D
      padahal aromanya juga menggoda iman tuh ya mba...hihihi

      amiin..makasiih mba.. ;))

      Delete
  15. itu kebanyakan makanan kesukaan saya semua hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. samaaaaa...apalagi yang no.2....susyaaaaaah banget untuk ga tergoda deh.... ;p

      Delete
  16. semua nya saya sukaaaa ;D apalagi mie hahaha favorit banget, tapi yah nanti kalo udah hamil pasti rada di stop

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa De...musti harus stop makanan2 itu dulu kalo nanti hamdun .. ;))

      Delete
  17. Sushi dan steak enak lhooo *ngomporin*
    Gorengan abang-abang itu bikin radang :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha eyyymmm enaaak.... :D

      bener banget bisa bikin radang kalo makan gorengan abang2 itu yaa...untungnya pas sebelum hamdun pun udah jarang konsumsinya...

      Delete
  18. Yolooooo pantangan pantangannya yang memang endeusss berat ya. Kalau bang haji Rhoma Irama bilang, kenapa yang asyik asyik itu yang dilarang.... :)))

    Semoga Makdes dan babynya sehat sehat yaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha ho'oh iiiihhh.... kenapa yang asik dan enak2 itu dilarang siiih.... ;p

      amiin..amiin....makasih tante Memez... ;))))

      Delete
    2. lagu dangdut ini mbak soalnya :D

      Delete
  19. Walaaa... pantangan ibu hamil kok yang enak-enak gitu Mbak... sushi kan enaaak banget hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Unaa..sushi enak bangeeettt padahal...T_____T

      Delete
  20. Ingin menyantap tapi NO. hehe sabar aja deh. memang banyak yang bilang, "Ah masak yang enak2 dilarang sih". padahal enaknya cuma di mulut, coba tanya ke organ badan. hihihi...galau pasti dia hehe

    ReplyDelete
  21. yang dilarang enak2 semua. aku malah lapar bacanya, hehehe :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iya enak2 semua...huhuhu musti sabaarr sampe nanti lahiran nanti... ;p

      Delete
  22. wahh.. yang dilarang kesukaan ku semua tuh ...

    ReplyDelete
  23. salam kenal bunda. perkenalkan saya juga lagi hamil nih :) jadi mudah2an bisa saling sharing. Steak udah lama gak makan padahal pengen banget. kalau makan pun yang welldone aja. Kalau untuk mie instan masih belum bisa lepas ya tapi gak tiap minggu juga makan mie. mungkin dalam 1 bulan ada 1 kali aja. Sate iya saya hindari juga kan ada arangnya itu ya, bekas pembakarannya gak bagus ya. makasih udah share bu ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. haloo salam kenal juga mba... ;))

      emang paling ga bisa nahan untuk ga makan mie instant yaa... kata dokter sih selama ga berlebihan masih ga pa pa...yaa sebulan sekali juga masih ok ok aja, tapi tetep disarankan dokter untuk menghindari lebih dulu..

      sama sama saling share ya mba... ;))

      Delete
  24. Gw juga dulu gak minum soda hampir 2 tahun, Des. Dari mulai hamil Athia sampe menyusui

    ReplyDelete
    Replies
    1. samaaa Ndah...malah pas udah ga hamdun pun jadi ga tertarik samsek minum itu..
      ayoo Ndah hamdun lagiii...#eaaa hahahaha

      Delete
  25. Huahaha.. semua udah gw makan Des.. (kecuali sate dan gorengan abang2 karena ga ada) selama hamil ini. Apalagi sushi sama steak. Sushi bisa tiap bulan sekali kali.. tapi toh ada yang namanya mammasushi juga.. jadi aman laaaah.. toh aslinya nasi+lauk doang kan.. hahahaha :D

    Kalo steak malah suka bikin sendiri, dipanggang sendiri di oven. Cari dagingnya yang segede2 daging dino biar puas.. :P

    Anak pertama aja begini yaa.. nanti kalo anak kedua apa kabarnya :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihihihi....mau doooooooonngggg mammasushiiiiii ... :D

      kalo steak manggang sendiri mah enaak maak...gue bisa tiap minggu kali bikin...cuman sayangnya gue kaga bisa bikinnnn Bee... kaga ngarti bumbu2nya...jadi bijimane doong... hihihihi ;p

      kayaknya lebih gragas lagi looh Beee....kalo anak kedua...hahaha

      Delete
  26. Dokter gue dulu bilang gk ada pantangan, yang penting jangan berlebihan. Kalo indomi malah jadi makanan sehari-hari pas awal hamil, gara-gara itu doang yang bisa gue makan tanpa gue muntahin lagi. Maapkeun mama ya, Zaidan :'(
    Kalo sushi emang dasarnya gue gk terlalu demen, soda juga enggak.
    Gue juga pas hamil kedua jadi agak-agak loose, susu cuma ultra, bukan khusus bumil, kacang ijo gk rutin, sate malah sering, gorengan hampir tiap hari, kelapa ijo juga pas bulan kedelapan doang, padahal waktu Nadya ud gw rajinin dari bulan keenam :D
    Iya jalan kaki termasuk olah raga, kok. Apalagi thawaf di mall ;)
    Semangat ya, Mak. Nikmatin aja selagi bisa ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bujeeet daaah ada yang lebih rock en roll yak ternyata hihihi ;p

      rata2 emang begitu kali yaa..hamdun anak kedua malah lebih gragas makannya..tapi selama ga berlebihan ga pa pa kali yaa.. :D

      hahaha iyaaaa.... setujuuuu thawaf di mall itu termasuk olahraga looh.... ;,D

      aahh kangen gue Dell.... ;))

      Delete
    2. Yuk kapan yuk ktemuan. Mo liat juga kayak apa sih Desi kalo gendut, hihihi..

      Delete
    3. hihihihi yuukk...seperti biasa yaaa..di plangii...ntar gue liat dulu jadwalnya kalo lg ga ada si bos ya..hohoho ;))

      Delete
  27. minuman yang kacang ijo..
    saya juga suka beli tuh di indomaret. enak sih, cuman kalo udahannya suka haus.. akhirnya, terpaksa ngajak sarah beli cemilan. (itu mah modus)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi haus karna seret ada sari2 kacang ijonya kali ya..
      tapi so far saya suka yang merk a*c..karna rasanya pas ga kemanisan..:))

      Delete
  28. salam kenal.. :)
    selamat yaa mba buat kehamilanny.. semoga lancar terus sampai lahiran, sehat ibu dan anakny.. :)
    kalo lg hamil emang godaan makan makanan yang harus dihindari itu kenceng bgt deh, terutama indomie kalo buat aku..pas hamil jg pernah tu icip2 makan ituu..haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. haloo..salam kenal juga mba.. :)

      hahaha ternyata rata2 emak2 emang ga tahan ama mie instant yaa...apalagi yang rasa ayam bawang tuh..enang banget yaa.. #loh... ;p

      amiiin...makasih yaaa.. ;))

      Delete
  29. Ya ampun sushi! aaaah kayanya gue harus makan sushi sampe bosen sebelum handum deh ahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naaah..bener ituuu... puas2in dah sekarang Wor..hihihihi

      Delete
  30. ahahaha hamil anak ke-2 emang lebih santai ya makDes... Bismillah, asal gak makan kebanyakan, Insya Allah tak papa .. *ngetik komen sambil nganyem Ind*mie...sluurrpphh * :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. mak Dev....tuluuuung saya di bagiii itu mienyaaaa..... hahahaha ;p

      amiin Insya Allah...asal ga kebanyakan ya maak.. ;)))

      Delete
  31. aku paling repot waktu hamil Fayra.

    dengan kondisi tulang tambalan, jadi banyak banget pantangannya.

    Selain yang kamu sebutin itu, aku gak boleh juga makan segala jenis cabe ijo, buah bergetah (duku, bangka, dll), teh, saos, buah ber-gas (semangka, melon, dll).

    seringan makan salad gitu deh.

    jadinya Fayra suka banget ama salad dan buah. Alhamdulillah aja sih

    ReplyDelete
  32. oalaah lebih ribet yaa...untungnya ga pa pa ya mba De..
    Fayra malah cerdas banget kan gedenya..;))

    ReplyDelete
  33. Deeeees...
    gimana sih ini teh...ditulisin nya makanan yang harus dihindari, tapinya semua sudah dilanggar sendiriii...hihihi...

    Gak papa kok Des..asalkan tidak berlebihan dan tahu batasnya ajaaa...InsyaAllah semuanya sehat kok :)

    Dulu pun, aku yang suka gak kuat adalah kopi kopi an gitu deh...hihihi...sekali sekali mah cingcay aja deeeh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihihi iya gitu deh mbaa...khilaf ceritanya..;p

      amiin Insya Allah ya mba... ;))

      Delete
  34. wah jadi ingin sangat segera nyusul tambah adek buat kinan..minta do'anya mbak..
    mungkin anak pertama must perfect yah..ikut saran ini itu.....aku dulu jus alpuket setiap hari bawa ke kantor hehehe..sama buah...harus.....soal soda sama..terus mie instan juga sama...pas lihat orang makan pop mie tuh kayak ngencesssssssssssss banget..ya Allah mupeng banget...elus elus perut..tapi demi anak tercinta di perut...tahan pokoknya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya yaa..namanya anak pertama pasti kita jadi nuruut banget sama yang dibilang sana sini..tapi pas hamdun kedua ini aku kok malah jadi slebor banget loh mba..
      kalo blom kesampean makan makanan itu rasanya ga tenaaang..hahahha

      waaah ayoo mbaa semangaaat buat adenya Kinan...hihihi

      Delete
  35. Waaaaaini.... memang mie itu selalu menggoda iman ya. tapi biasanya kalo hamil anak pertama lebih antusias gitu ya..

    ReplyDelete