Friday, January 3, 2014

..Sakit campak..

Mau nulis tentang Radit aah..udah lama ga gue tulis khusus di sini..

Semalem kita bawa Radit ke dokter. Pas gue pulang periksa dari dokter kandungan, Radit badannya anget plus di mukanya ada kayak burntusan merah kecil2. Gue cek lagi badannya, masya Allah..banyak banget rashnya. Langsung saat itu juga gue bawa kedokter. Gue udah yakin banget kalo Radit kena tampek.

Gue udah ngira sebelumnya waktu ponakan2 gue seminggu lalu pada sakit tampek. Pasti nanti Radit ketularan. Padahal gue sengaja ga bolehin Radit maen dulu ke rumah sepupu2nya itu. Tapi namanya anak2, pasti yang namanya mau maen mah maen aja. Apalagi sama sodara sendiri. Ga bisa dilarang2.

Akhirnya ketakutan gue terbukti. Radit juga kena tampek. Jeda dari sepupu2nya itu kurang lebih seminggu. Aduuhh gue panik luar biasa. Masalahnya kondisi gue juga lagi hamdun kaan. Sangat bahaya  kalo gue juga ampe ketularan.

Kata dokternya Radit, jaga jarak dulu aja sebisanya. Soalnya virus ini nular lewat udara juga. Cepet banget nyebarnya. Laah anaknya ga mau ketinggalan emaknya, gimana doong. Tidur juga maunya nempel2 ama gue. Ya Allah..gue cuma bisa berdoa smoga Radit cepet sembuh dan ga nular ke gue.

Gue cuma bisa doping kondisi gue ama vitamin2 dari obygin, kayak folamil genio, ossoral sama duphaston (penguat kandungan).

Lagian mana bisa coba gue tidur ga sama Radit. Gue ga bisa jauh2an. Apalagi Radit lagi sakit begitu. Rewel ? udah pasti. Ga mau makan ? apalagi itu..maunya cuma makan coco crunch pake susu aja.

Sebenernya kalo anak sakit begini, ga tegaa banget buat ninggalin kerja. Tapi kerjaan lagi gila2an banget padetnya. Palingan nanti akan sering gue telfon buat cek kondisi badannya dia.

Oia.. tampek alias campak ga boleh dianggap remeh loh. Terlambat penangan bisa fatal akibatnya. Gejalanya..sehari sebelumnya Radit agak demam, trus matanya kayak berair gitu. Ditambah batuk pilek. Gue pikir kan cuma flu biasa. Eh lah kok semalem baru keluar rashnya.

Dokter bilang, untuk campak ini ya ga ada obatnya. Kemaren dikasih obat batuk pilek, obat demam sama vitamin buat daya tahan tubuh. Harus dimandiin aer anget, kalo keringetan di lap2 pake handuk basah, trus diganti bajunya biar ga lembab. Paling cepet sekitar 3 harian bisa pulih lagi. 

Virus jaman sekarang udah makin ga karu2an loh. Salah makan dikit aja bisa bikin daya tahan tubuh berkurang dan akibatnya ya gampang kena virus. 

Gue dalam hal ini jadi dilema banget. Selama ini kayaknya blom pernah kasih yang terbaik buat Radit. Masak makanan buat Radit aja kalo pas lagi libur. Rasanya kuraaang banget waktu bareng ama anak. Pas pulang kerja udah cape luar biasa. Apalagi Radit akhir2 ini suka tidur malem banget. Alhasil gue udah tepar duluan jam sembilanan. Radit masih melek dan maen2 sendiri sampe jam sebelas, kadang jam dua belas.

Pernah minggu lalu, pas lagi libur tanggal merah natal kalo ga salah. Gue cape banget abis bebenah rumah, trus masak. Pas tiba Radit makan pagi, gue siapin doong makanannya, sekalian mau gue suapin. Tapi pagi itu Radit lagi ga mau makan banyak. Paling cuma 4 sendok dia mau. Selebihnya dia tutup mulut. Gue cobain sayurnya, ga ada rasa yang aneh kok. Enak malah.

Radit lebih milih maen mobil2an sambil nonton tv. Gue yang saat itu lagi capek, jadi esmosi banget. Gue sampe marah2 loh ama Radit gara2 tingkahnya yang nolak makanan mulu. Gue tanya Radit maunya makan apa ? dijawabnya... Radit udah kenyang maaa...Radit mau maen mobil2an.

Anehnya gue malah makin marah2. Ujung2nya anaknya malah nangis dan gue pun jadi bete. Bapaknya yang liat adegan itu malah bilang.. udah kenyang kali mah..anak kalo ga mau makan ya jangan dipaksa. Denger begitu gue malah makin bete. 

Akhirnya gue yang lagi bete naek kekamar, nenangin esmosi. Gue denger dibawah Radit masih maen2 ama ayahnya. 

Pas jam makan siang, gue ke bawah mau liat Radit. Dan rencananya mau nyuapin lagi. Eeh malah yang gue liat, Radit lagi disuapin ayahnya. Lahap banget. Pake sayur dan lauk yang tadi pagi Radit ga mau makan. Nasinya ama siayah dibikin bulet2 kecil gitu, trus sayurnya dipisah.

Radit sambil makan bilang... ayah ini bomnya ya yah....(nasi bulet2 itu), trus dimakan. Abis itu makan sayurnya sambil bilang...tlus ada pemadam kebakalannya..di silam deh....am nyam nyam nyam...enaaak yaah...

Dan abis doong seporsi nasi ama lauk dan sayurnya :D

See..terbukti kan gue blom bisa jadi emak yang sabaran ngadepin anak yang mood2an makannya. Ternyata dengan cara sederhana kayak gitu, Radit malah lahap makannya :,)

ya Allah nak, maafin mama ya kalo selama ini mama masih kurang sabaran. Mama mau berusaha lagi jadi mama yang terbaik buat Radit dan ade kamu nanti... peluk cium buat Radit. Mama sayaang bangeet ama Radit... :*

Smoga Radit juga cepet sembuh. Mama ga tega banget liat Radit sakit begitu...huhuhu

#edisicurcolmellow

48 comments:

  1. Cepet sembuh ya Radit.. Bener mbak, kalo anak lagi GTM itu emang kadang bikin emosi. Ternyata aku ada temennya.. hihihi dikira aku aja yang ga sabaran ngadepin anak yg susah makan. hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Bund..bikin esmosi kan ya..apalagi kalo kita lagi kecapean..
      Insya Allah kita bisa lebih sabar ya... *peluuk*

      Delete
  2. Cepet sembuh ya Radit, sepertinya jarang ya ada emak yang sabaran kalau anak-anak lagi GTM hehe, apalagi kalau sudah ada adegan disembur-sembur hiksss

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasiih tante Noph..

      NAH....apalagi kalo ada adegan sembur2annya..dijamin bikin ubun2 kita panas kaaan..

      Delete
  3. Semoga Radit cepat sembuh ya Deees. Dan semoga dirimu juga baik-baik saja. Jaga kesehatan ya Mak
    Ini gw yang teremak-emak ato apa gatau deh, gw merasakan banget yang lu rasakan dan gw ikutan ngembeng nangis maaak... HUhuhuhuhu....
    Yang sabar ya Maaakk...T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasiih ya Daan...
      abisnya gue kadang suka menyalahkan diri sendiri deh kalo anak udah sakit begini..jadi ya gitu deh kebawa mellow pagi2 tadi..hhuhu

      Delete
  4. Cepat sembuh ya, Radit sayang. *pukpuk Desi*.
    Kalo anak susah makan, biasanya daripada ribut sama gw, gw diemin aja. Palingan gak gw kasih cemilan. Ntar kalo dia laper, dia minta makan sendiri.
    Jadi tips nya : bikin anak ngerasa laper dan minta makan sendiri. Kalo gagal, yah emang musti usaha lebih keras sih biar anaknya mau. Kadang Athia kalo disuapin sama gw susah makan, kadang enak banget nyuapinnya gampang gitu.
    Yah suka-suka dia aja lah... dan gw juga emak suka-suka gw, jadi ya kalo sekarang dibawa sama-sama suka aja. *JANGAN DITIRUH*

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya siih ayanya bilang juga gitu..toh kalo laper sianak akan minta makan sendiri..
      Tapi gue tipe yang ga sabaran..pokoknya pas gue ambilin makanan ya musti dimakan.. eman2 kalo ga dimakan kan #emakogahrugi

      Tapi kayaknya gue harus mulai ngikutin cara lo itu deh Ndah..daripada gue sutris sendiri kan..
      dan bener sih teorinya..pasti kalo anak laper, akan minta makan sendiri... *well noted*

      Delete
  5. Radit cepet sembuh yaaa #peyukkkDesi

    ReplyDelete
  6. Cepet sembuh Radit! Jadi makannya musti sambil ngayal dibikin cerita biar banyak Des

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih tante Novi.. Iya anak2 kan paling suka kalo makan dibikin cerita begitu.
      Akunya yang miskin ide nih mba..jadi sutris sendiri kalo anak udah gtm.. huhuhu

      Delete
  7. Gws Radit...... dan semoga gak sakit2 lagi ya bang radit.... :)

    ReplyDelete
  8. GWS yah Radit..

    Millie juga kdg susah makan mak, kdg gw tanya mau nya mkn apa, trs dia biasanya blg udah kenyang, sebel kadang2, trs gw bujuk2 klo mau mkn nti dibeliin balon atau apalah bujuk rayu gw hahahaha biasanya sih berhasil tp dikit itu juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasiih maaak.. ;)))

      hihihi bikin esmosi kan yaaa...emaknya musti nyetok balon banyak inih yaak.. :D





      Delete
  9. Lah, komen barusan malah error T^T
    Gue ulang, ya. Kalo ternyata jadi dua kali, mohon apus salah satu ya, Des, hihihi..
    Jangan stres. Esmoni lu yang naek-turun mungkin karena pengaruh hormon hamil juga. Udah bener kok lu ngejauh sementara dari Radit sampe marahnya reda, Des.
    Dan enggak usah terlalu khawatir, jadi ibu itu enggak ada manualnya, kita yang paling tau mesti gimana ke anak. Dan gue yakin, bagi Radit, lu emak yang terbaik :)
    GWS ya, Radit :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kaga dobel maaak..mungkin itu hanya perasaan dek' Della saja...;p

      iya juga mungkin pengaruh hormon yaa..gue aja sampe sekarang jadi mikir, kenapa gue bisa marah2 kayak gitu ya ke Radit, toh Radit emang mungkin lagi ga mood aja makan banyak pagi itu.

      aahh Dellaa...makasiiih ya maaak terharu gue inihh... :,)

      Delete
  10. kenapa ya bapak2 itu malah lebih sabar klo urusan nyuapin anak dibanding emaknya... soale ayahnya Kanaya juga gitu, diajak mainan dulu sambil disuapin eeh tau2 udah abis aja.... moga radit cepet sembuh , paling ga tega liat anak sakit....

    ReplyDelete
    Replies
    1. NAH....iya kaaaan mbaa..para ayah punya banyak cara supaya makan anak tuh jadi fun..

      kalo kita kan, mungkin karna udah kecapean juga karna kerjaan rumtang. Jadi ada yang ga sesuai dikit aja, bisa meledak saking esmosinya..hihihi namapun pereu yaaa...;p

      makasih ya mbaa.. ;)))

      Delete
  11. Deess, huhuhu.. soal marah2 emosi ga jelas abis itu nyesel banget, sering banget gue alamin.. Apalagi kalo anak lagi sakit yah, bawaannya senewen terus senggol dikit ngomel banget. Sabar ya, Des.. mudah2an Radit cepet sehat lagi, makannya tambah pinter, bumil juga sehat2 terus.. :) *hug

    ReplyDelete
    Replies
    1. huhuhu iya maak bener banget ituuu..seringnya suka nyesel kalo abis marah2 ke anak..

      amiiiin..amiiiin..makasih yaa tante Andiin... ;)))

      Delete
  12. emang ya klo anak sakit itu bawaannya sutris.. pengen banget gantiin posisinya dia..

    ngerasain banget deh mbak yu apa yg lo rasain..

    semoga radith cepet sembuh, trus lo juga sehat-sehat aja dan makin bertambah kesabarannya..

    *peluuukkk*

    ReplyDelete
    Replies
    1. ho'oh..ga tega ngeliat anak sakit..trus yang paling juaranya kan anak jadi reweeeel banget. Duuh..musti ektra sabaaaar banget kalo udah kayak gitu..

      amiiin..amiiin..maksiih mba yu...*peluuukk*

      Delete
  13. moga2 radit cepet sembuh yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin...amin...sekarang udah ga bruntusan lagi...cuma pileknya yang masih bertengger..

      makasiih ya om Arman... ;))))

      Delete
  14. Semoga Radit cepet sembuh ya Des.. Dan dirimu dikasih kesehatan juga bareng si dedek bayi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin...amiiin ya Be..

      makasih ya mamanya baby J.... ;)))

      Delete
  15. Semoga cepat sembuh untuk Radit :)

    ReplyDelete
  16. cepat sembuh ya Radit....
    hhmmm... gw juga belom bisa jadi emak yang sabar. Akhir2 ini Samara dikit dikit nangis, lagi manja bangeddd. Kadang gw juga kepancing emosi

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih maak Yani... ;))))

      Naaaah...mungkin Samara tau kali maaak...dikau lagi program adenya Samara..jadinya manjaa ..hihihi ;p

      Delete
  17. Perlu bom dan pemadam kebakaran ya, Mbak.
    Sungguh dunia anak memang penuh imajinasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya loh.....lucu ya imajinasi anak2.. ;)))

      Delete
  18. semoga cepat sembuh dan baikan lagi seperti semula

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiinn..makasih doanya..Alhamdulillah udah baikan..tinggal batpilnya aja.. ;)))

      Delete
  19. Cepet sembuh Radit
    Saya yang sebesar ini malah belum pernah kena campak, rada was-was kalau ada yg kena campak
    takut ketularan, belum punya antibodinya :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih yaaa.. ;))

      jaga kondisi badan aja supaya fit terus Lind.. ;))

      Delete
  20. Semoga lekas sembuh dan tidak kena campak lagi di kemudian hari, imunisasi campak memang penting banget.

    ReplyDelete
  21. Waahh sama nih, anakku azka, hr ini kena campak. Apa lg mewabah ya. Tp dia ga panas badannya sih, udah dibawa ke dokter, cuma dikasi puyer ama bedak, ama obat batuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Vera..kayaknya lagi musim deh..kemaren pas ke dokter itu banyak yang periksa karna pada sakit campak juga.. :,(

      smoga cepet sembuh ya Azka...

      Delete
  22. gimana Radit sekarang? Semoga cepat sembuh, ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah udah sembuh Chi... total 4 - 5 harian pulihnya..*lap keringet*... :))

      Delete
  23. Alhamdulillah udah sembuh..makasih doanya :))

    ReplyDelete