Friday, April 25, 2014

..Mau mencoba Vbac..

Alohaaa....anybody hooomeeee... yuhuuyy... :D
Kangeeeen...kangen banget ngeblog lagi dan bw ke temen2. Selama ini lagi sibuk cari kandidat buat gantiin posisi gue sementara di kantor. Alhamdulillah udah fixed sama temen gue. Smoga semuanya berjalan lancar sampe gue kembali ngantor lagi nanti September akhir, amiin...

Gue terakhir ngantor nanti tanggal 30 juni. Jadi masih ada sekitar 2 bulanan lagi lah buat ngeberesin dan transfer job ke temen gue itu. 

Seperti yang udah gue bilang sebelumnya, kalo gue pengeeen banget lahiran kali ini tuh bisa normal. Dan gue baca2 sih, buat emak2 yang lahiran pertama udah pernah c-sect, bisa berhasil juga lahiran anak keduanya secara normal. Kayak mak Della ini kan akhirnya berhasil lahiran normal. 

Tadinya sempet khawatir juga tentang segala resikonya, tapi anehnya gue malah makin penasaran loh pengen lahiran normal. Kalo dulu kan c-sect karna ketuban udah pecah duluan, udah gitu pas diinduksi, hampir 24 jam masih aja pembukaan 2. Udah mules2 karna diinduksi, stress pas tiap diperiksa bukaan ga nambah2, yo wiss gue putusin untuk c-sect.

Maklum, waktu itu masih labil hihihi.. jadi udah langsung teriak ke dokternya..."udaaah cesaaaar ajaaaaah....udah ga kuaaaat" hahahaha najong dah kalo inget itu. Sidokter pun bilang, ini masih bisa normal loh bu... Gue yang lagi lemes2nya, udah ga peduli. Pokoknya saat itu gue udah ga kuat banget.

Nah, apakah gue mau ngulangin lagi masa2 itu ? definitely iyyess... penasaran aja gitu loh #kemudian ditoyor rame2 :D

Mudah2an dilancarkan ya...

Sebenernya sih salah satu faktor yang bikin gue pengen lahiran normal, ya karna katanya recoverynya yang lebih cepet dibanding c-sect. Trus dari segi biaya juga lebih murce ketimbang c-sect. Pokoknya ya, gue udah bilang ke siayah, gue mau kamar super VIP kalo bisa lahiran normal. Kalo perlu kamar suitenya..jyaaah...alesan yang cetek bingits yaaak ;p

Kalopun ditengah2 nanti harus c-sect, ya udah ga pa pa juga. Toh, gue udah coba berusaha. Manusia kan hanya bisa berencana, balik lagi yang nentuin kan Yang Kuasa juga.

Kemaren gue diskusi lagi ama obygin mengenai ini. Kata dokter, istilahnya namanya vbac (Vaginal birth after c-sect). Bu dokter bilang, untuk saat ini blom bisa mastiin apakah kondisi gue bisa untk vbac atau ngga. Semua bisa diliat di minggu ke 36. Akan dicheck dari ketebalan rahim gue, kondisi si baby, aer ketuban, jaitan bekas c-sect yang dulu, pokoknya semuanya dicheck. 

Setelah semua ok, barulah sidokter bisa mutusin bisa vbac atau ngganya. Oiya...vbac ini juga diharuskan bisa mules secara alami. Jadi, nanti ga ada induksi2an, trus kalo usia kehamilan melebihi 40 minggu, bisa dipastikan ga akan bisa vbac. Terlalu beresiko buat ibu dan bayinya kalo dipaksakan lahiran normal.

Dan diusahakan juga, jangan sampe ketuban pecah dini. Gue udah ngeri aja pas denger soal ketuban pecah dini. Soalnya dulu waktu hamil Radit kan, ketuban pecah duluan diminggu 38 dan ga langsung disertain mules2, makanya waktu itu diinduksi. Smoga aja ga berulang dikehamilan yang kedua ini ya Allah..

Ya..gue berserah diri aja. Ga terlalu ngoyo juga harus lahiran normal. Tapi kalo bisa diusahakan, kenapa ngga dicoba ? Sidokternya pun bilang, kita akan usahakan segalanya dulu, tinggal sisanya berdoa dan berserah diri. Kalo pun nanti akhirnya harus c-sect lagi, yo wiss ga pa pa juga. Yang penting ibu dan anak selamat dan sehat. Itu aja poin pentingnya. Tapi tetep aja sezuzurnya niiih, gue masih penasaran ama lahiran normal loh... :p

42 comments:

  1. esther juga gitu kok, lahiran pertama c-sec, lahiran kedua normal. :)
    bisa2 aja selama:
    1. jarak lahirannya udah lebih dari 2 th.
    2. lahiran c-sec nya dibelahnya horisontal bukan vertikal. harusnya sih sekarang2 ini semua udah belahnya horisontal. belah vertikal itu c-sec jadul. :)

    good luck ya! semoganya semuanya lancar dan sehat2...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan asalkan berat anaknya nggak sampai melebihi 4000 gram, posisi kepalanya di bawah, dan detak jantungnya bagus, boleh kok Mbak Desy lahir normal :)

      Delete
    2. @Arman : waaah...ternyata Esther juga ya Man... :D
      iya bener banget sekarang rata2 dibelah horisontal. Aah...jadi makin semangat nih gue mau normal juga... thengkyu ya Man...;))

      Delete
    3. @Vicky : hihihi iya aku lupa cantumin itu...
      amiin..amin...smoga semuanya bagus yaa..jadi biar bisa lahiran normal..makasih ya mba Vicky ;))

      Delete
  2. temenku ada juga des yg lahiran keduanya normal, alhamdulillah laancar jaya, semoga dirimu juga begitu yaa... aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. duuuh mbaa...makin semangat loh aku mba buat lahiran normal baca komen ini..
      amiiin ya mba.... :))

      Delete
  3. Aminn semoga dilancarkan semuanya ya mak..
    Semangattttt, :-)

    ReplyDelete
  4. Semangat ya, Des !! Semoga lahirannya normal. Kalopun musti SC lagi, yang penting loe sama adeknya Radit sehat dan selamat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyess Ndah...semangat tapi pasrah hihihi..smoga ga ada halangan inih... thengkyu Ndaaah :*

      Delete
  5. Semangat mamak.. doa terbaik deh buat lu sm ade nya Radit yah :)


    ReplyDelete
  6. Aku doain semoga lancar ya Des dengan vbacnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiiin...makasih banyak ya mba Lid... :*

      Delete
  7. semoga dilancarkan prosesnya ya mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin ya Allah.... thengkyuu maaaak Yanii.. :*

      Delete
  8. semoga bisa lahiran normal ya makk... tapi apapun itu semoga lo dan sang bayi sehat2 terus dan lancar persalinannya.. dulu gw juga mau normal tp ga bisa krn anaknya gede udh di atas 3 kg.. klo kata dsog gw sih dibawah 3kg BB bayinya baru bisa VBAC

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiiin...aminnn....
      smoga segala sesuatunya sesuai rencana nih... makasih mba yu..:*

      Delete
  9. Aamiin.. insya Allah bisa kalo kepalanya udah masuk jalan lahir dan gk kebelit tali pusat. Kalopun harus cesar lagi ya gpp juga, terserah Alloh ya Des, yang penting udah niat dan usaha maksimal :)
    Sehat terus yaaaa jasmani dan rohani, jangan setres-setres. Etapi gue gk yakin sih lu bisa setres, hihihi..
    Gutlak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihihihi iyessss pokoknya kaga stresss daaah... smoga.. ;p
      makasih ya maaak :*

      Delete
  10. Aamiiin.. semoga bisa lahiran normal ya Des.. seperti kata temen2 yang lain... yang penting kan sehat ibu & si kecil..

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin...amiinn ya Bee....
      thengkyu mamanya Jo.. :*

      Delete
  11. Deeees...
    Insya Allah mudah2an bisa normal buat adek nya Radith yah Des...
    Tapi kalaupun memang harus cesar mah, yang penting dirimu dan sang dedek bayi bisa sehat terus yaaah :)

    Kalo gak salah ada kok senamnya supaya kepala si jabang bisa masuk panggul dan melancarkan jalan lahir gitu lho Des, dulu aku sempet ikutan soalnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiiin..amiin ya teh Ery ..;)
      iya nih, aku udah mau rutin senam hamil lagi biar lancar nantinya..makasih ya teeeh.. :*

      Delete
  12. Kakak ipar saya, melahirkan pertama caesar yang kedua normal. Jadi, memang bisa kok. Semoga dilancarkan, ya. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah...aku jadi semakin yakin nih Chi... ;)
      amin..amin..thenkyu ya Chi :*

      Delete
  13. Moga2 lancar ya Mbak :) yg penting ibu dan bayinya sehat dan gk kurang suatu apapun ya, amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiiin...amiiiin YRA..
      makasih doanya ya mamanya Mecha... ;))

      Delete
  14. punteeeen...
    apa kabarnya inih ibu hamiiil...hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Teeeh..... ;)))

      udah semakin gedaay perutnyaa..hihihihi

      Delete
  15. didoakan lancar yaaa ... yang penting Dessy + baby nya nanti sehat semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiiin...amiiinn..
      makasih ya mba De... :*

      Delete
  16. Gue bacanya jadi deg degan ahahah apapun itu semangat aja mba Des! yang penting ibu dan baby nya sehat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyess.....hihihi
      thengkyu ya Woroo.. :*

      Delete
  17. semoga semua lancar ya mbak amiin

    ReplyDelete
  18. Halooo mak....

    Salam kecup dulu ahhhhh :*

    Semoga lancar jaya, blas normal dan sehat keduanya...Amiin :*

    ReplyDelete
  19. semoga dilancarkan semuanya ya bu

    ReplyDelete
  20. selamat yah mbak atas kelahiran putri tercinta, aku lihat dari tweet pic mbak desy kayaknya pas lebaran yah..:)
    maaf ken lama nggak BW..semoga silahturahmi tetap terjaga..maklum di tempat nyangkul kemarin kemarin sempat di block untuk blogspot dan kawan kawannya..harus cari cari cara untuk bisa ngintip blog kawan kawan dan juga ninggal komentar kadang malah tak bisa ninggal komentar hiks...dirumah juga sibuk dengan kinan ....
    mohon maaf lahir dan batin mumpung masih bulan syawal...
    jadi cerita lahirannya akhirnya gimana nieh??mau ngintip ngintip postingan berikutnya...maklum curi ilmu lagi hamidun juga anak kedua...minta doanya semoga lancar dan sehat sehat yah :)

    ReplyDelete
  21. Semoga lancar proses kelahirannya.. *atau sudah lahir babynya ? Mudah2an diberi kesabaran tiada batas, hati penuh cinta dan diberi kemudahan dalam mendidik anak2 mbak.. Salam kenal :)

    ReplyDelete
  22. semoga apa yag di harapakan bisa terwujudkan ya mbak,,semangat

    ReplyDelete