Wednesday, October 29, 2014

..Berkunjung ke dr Widodo..

Duluuu banget kata nyokap, gue termasuk anak yang picky eater. Bener2 pemilih banget. Makanya badannya kurus. Bahkan... sampe ke tahap gue mual terus kalo udah waktunya makan. Makan udah jadi hal yang menakutkan buat gue. 

Itu berlanjut sampe sekitar gue smp. Kadang gue mikir, apa sih enaknya makan, kenapa sih kita harus makan, kenapa orang2 kok enak2 aja makan. Ih..kasian kan ya gue waktu itu ;p

Berbagai cara udah dilakuin orangtua gue, supaya gue mau makan. At least ga pilih2 makanan. Tapi tetep aja selera makan gue ya..bisa dibilang memprihatinkan. Kalo dipikir2 kasian juga ya orangtua gue waktu itu. Gue pas denger cerita mereka aja, jadi gemes sendiri.

Daaan...sekarang itu berbalik ama gue sendiri, Yesss..Radit termasuk yang picky eater. Nightmare benget. Sempet membaik waktu gue cerita disini. Tapi semakin belakangan ini, semakin pilah pilih. Gue khawatir banget ama perkembangannya. Tiap saat gue cek berat badan ama tinggi badan. Yang mana bikin gue tambah stress, karna semuanya udah termasuk kategori 70% aja (13 kg). Kecuali tingginya masih dikisaran 80% (+ 95 cm).

Dan setaun belakangan ini, berat badannya pun ga kunjung naek. Pas gue cuti 3 bulan kemaren, gue bertekad kasih yang terbaik buat Radit. But still, Radit masih susah makan dan ujung2nya gue ama Radit jadi berantem karna gue agak maksa buat dia makan. 

Beneran bikin gue s-e-n-e-w-e-n.

Tapi kalo diliat dari segi motoriknya semuanya ok, ga ada yang ketinggalan atau yang gimana2. Gue liat sesuai ama anak usia 4 taun. Emang sih, gue concern lebih ke berat badannya dia. Padahal  kan ya ga harus berdasarkan berat badan aja. Masih banyak hal yang bisa jadi tolak ukur perkembangan anak.

Ada pendapat yang bilang, kalo orangtuanya badannya salah satunya ada yang kecil, jadi lah ga usah dipertanyakan lagi. Genetik berbicara. Tapi teteeeupp gue ga tenang setelah tau selama setaun belakangan ini, Radit susah naekin berat badannya. Kalo pun naek, cuma sekilo. Dan ga lama, pasti turun lagi kalo lagi batpil. Begituuuu aja terus. Mbuuuleet ae..

Ampe kadang gue nangis mikirinnya. Lebaynya.. gue malah jadi nyalahin diri sebage working mom. My bad. Abisnya kalo diliat Radit ini termasuk kecil dibanding anak2 usia 4 taun laennya.

Karna udah berbagai cara dilakuin untuk naekin berat badannya, akhirnya gue mulai cari2 dokter anak yang kompeten buat gue bisa konsul masalah seputaran gizi anak. Gue baca2 kok banyak yang konsul ke dr. widodo ya. Belio itu salah satu dokter spesialis anak yang menangani anak susah makan dan alergi. Iya alergi, gue takut aja kalo ternyata Radit termasuk anak yang alergi.

Baca2 reviewnya yang udah pernah berobat dan banyak yang berhasil, kayaknya gue musti konsul deh ke dokter ini saking desperadonya. Gue cuma mau konsul aja, apa iya Radit ini masih termasuk kategori normal untuk berat dan tingginya.

Setelah bikin janji by phone, akhirnya gue berhasil juga ketemu ama dr. Widodo. Antrian ya bok, puanjaaagg bingit. Gue sampe jadwalin pas hari kerja dan jam pagi, demi ketemu ama belio. Kalo di klinik yang di Benhil itu kan prakteknya malem.

Ga kebayang deh ke daerah Benhil pas malem dan weekdays pula, macetnya kayak apa cobak. Dan katanya juga, kalo yang di klinik Benhil, antrinya lebih cetar membahana. Jadi gue pilih di kliniknya yang di Menteng Square daerah matraman aja, agak deket lah ama kantor.

Pas ketemu, Radit langsung nyaman aja diperiksa. dr Widodo ini bener2 ramah ama anak kecil. Meriksanya sambilan diajak ngobrol anaknya jadi bener2 suasananya santai dan ga terburu2 *penting*.

Gue nyerocooos panjang kali lebar ama nih dokter. Keluh kesah galau gue tentang Radit, semuanya gue jembrengin. Si dokter dengerin sambil manggut2 :D

oia..kliniknya lucu deh. Dekorasinya khas anak2. Banyak banget maenannya. Di dalem ruangan si dokter pun ada banyak maenannya. Selama gue konsul, Radit bisa sambil maenan. Alhasil...Radit susah diajak pulang, karna saking asiknya maenan :)





Jadi ternyata yaa..Radit ini termasuk anak yang terganggu saluran pencernaanya. Nutrisi makanan yang masuk, agak susah di cerna ama ususnya. Makanya susah naek berat badan. Dan ada indikasi alergi juga. Kalo mau baca2 ciri2 anak yang susah makan, dr Widodo jelasin detail disini ya.

Ada pantangan berbagai makanan yang harus di lakuin. Utamanya mengindari ayam, telor, coklat, seafood, pisang, mangga, jeruk, kacang2an, yoghurt, keju, mentega, ikan2an laut, dan masih banyak lagi, gue lupa saking banyaknya :D

Tapi sebagai pengganti makanan itu semua, juga ga kalah bergizi kok. Selama kurang lebih 2 bulan, Radit harus mengkonsumsi makanan yang ga mengandung pantangan yang itu tadi. Trus kentang, wortel, daging sapi, daging kambing, ikan2 aer tawar (mujaer, lele, belut, ikan mas, gurame), madu, susu uht, alpukat, strawbery, belimbing, tahu, tempe, bihun, makaroni, biskuit dan masih banyak lagi, gue lupa juga saking banyaknya. Ada catetannya kok, cuma gue ga bawa ;p

Sementara Radit treatmentnya itu aja katanya. Sama perbanyak konsumsi susu uht, untuk ngejar ketertinggalan berat badannya. Nanti kontrol  2 bulan lagi #okesip.

Duuh gue jadi semangat bikin jadwal makan Radit yang disesuaikan dietnya. Semoga berhasil ya.. :)



Children grow up clinic:
Menteng Square
Jl. Matraman 30, blok AR 20
phone : 021 - 296.14252 (kalo mau bikin appointment, telfon sehari sebelumnya).



48 comments:

  1. Huaaaa. Des. Thx ya informasinya. Kapankapan akan gw bawa si A ke sana buat cek.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih Dan.. gue soalnya udah saking desperatenya ngadepin bocah picky eaters.. ga ada salahnya konsul ke dokter .. ;))

      Delete
  2. Masalahnya Radit mirip deh sama masalah Anas anak pertamaku waktu masih batita... Masalah kita juga sama deh dulu masa2 kecil susahhhh makan.. Kalau sekarang mah susah berenti makan :D
    Sehat ya Radit..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha iya ya mba..sekarang aku juga sama susah berenti makannya.. apalagi pas nyusuin ini, porsinya banyaaak... :D

      makasih ya mba.. :)

      Delete
  3. klo udah ngomongin masalah di anak emang bikin gemes, yang susah makan lah susah tidur lah atau apa itu.
    yang bikin susahnya lagi kalo anak doyan makan dan nggak bisa dihentikan, takunya obesitas, bahaya lagi kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehee iya ya serba salah jadi orangtua.. tapi pada dasarnya saya cuma pengen Radit agak berisi aja, dan masuk kategori berat badan normal sesuai umurnya.. :D

      Delete
  4. kegalauan khas ibu2 ya mbak.
    aku juga galau liat anakku 5 tahun tapi beratnya mumet di 14-15 kilo. kalo pas mandiin keliatan kuruuusss banget :(
    makannya sih ga terlalu picky, cuma emang ga terlalu suka nyamil.
    mau coba baca2 growupclinic itu deh.

    btw salam kenal ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener2 bikin galau kan ya mba... huhuhu
      ga ada salahnya dicoba konsul deh mba, selanjutnya kita pasrahin aja ...yang penting kita udah berusaha maksimal buat anak.. :)

      salam kenal juga mba ^^

      Delete
  5. duh gak kebayang gimana ngadepin anak picky eater tapi alhamdulilah udah ketemu solusinya ya mak...
    semoga Radit lebih lahap makannya yaaa...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mudah2an mak..soalnya udah galau segalau2nya gue...

      amiiin...makasih ya mak.. :*

      Delete
  6. Waduh... semoga abis ini Radit banyak makan yaaa :)

    ReplyDelete
  7. Semoga treatmentnya lancar yah Des...
    Tp Radit termasuk pilih2 makan aja kan yah mak, ga yg sampe ga mau makan plek plek gt kan yah mak? Krn itu beda mak. Gw dikasih tau sm dokter nya millie wkt itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya maak...pilih2 makanan aja dia mak...Radit cuma mau makan makanan yang menurut dia enak ..jadinya jatohnya susah makan juga kan...
      udahlah makanan yang dia suka ga ada gizinya ditambah perut dia ternyata kan hipersensitif, ya udah lah tambah ga naek2 beratnya...

      makasih ya mak.. :*

      Delete
  8. Duh Radit semoga treatmentnya berjalan lancar, dan makannya makin banyak yah mba ;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiiin..smoga berhasil ini ya Di..
      makasih ya.. ;)))

      Delete
  9. semoga treatment nya berhasil ya..

    ReplyDelete
  10. Nice infoooo.... tapi semoga nanti anak gue ga nurun gue yang pickie eater deh aamiin hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah lo nah lo...*cari temen* hahahaha
      smoga ngga ya Wor.. ;))

      Delete
  11. itu makanan yang dipantangnya, enak2 ya. Apalagi coklat sama seafood hihihi.

    Semoga berhasil ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. naah itu diaa mak..Radit kan suka banget ama coklat.. PR banget deh :D

      Delete
  12. Wahhh...semoga aja pas kontrol 2 bulan lg Radit udah naek banyak berat badannya ya Mak, coba bisa subsidi silang sama eike yak #eh? qiqiqiqi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi boleh boleh subisidi silang..buat emaknya aja sinih.. :D

      amiiin... smoga ya mak ..huhuhu udah desperado nih eike.. :D

      Delete
  13. Anaknya kakak gw juga gitu mak...susah banget makannya...ampe senewen juga tuh kakak gw.. Dan ternyata dulu kakak gw ampe gedhe pun suka susah makan. Apa nurun ya...
    Gw dulu kata nyokap gw gampang banget makannya.Apa aja deh yang disiapin nyokap gw, gw makan. Gitupun papap...sekarang, lu tau Hanif kan....ga ada acara GTM.

    Mudah2an berhasil ya mak....ntar bisa lomba makan ama Hanif,

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya Ky..jangan2 nurun..duuh gue nyeseeeel banget dulu ga doyan makan.. hiih pengen gue puter balik waktu deh... T____T

      amiin ya makk... :*

      Delete
  14. Replies
    1. waah iya kah mba ? waah kayaknya aku musti japri mba Lid nih.. ;))

      Delete
  15. ini bukan ir jokowi kan hihi
    makasih informasinya mba.. tapi saya belum punya anak, hehe jadi buat ditampung dulu deh :)

    salam :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah iya yaa.. namanya samaan ama nama belakangnya presiden :D

      Delete
  16. keponakan saya juga susah banget makannya, makanya badannya keciil... masa usia 1,5 th berat bdnnya 8 kg doang. Kan kecil banget ya.... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. oalaaah... pasti mamanya juga kepikiran banget deh kalo anak kekurusan ya :,(

      Delete
  17. Izin nyimak artikelnya mas?? Salam kenal, semoga sukses AMIIIN...

    ReplyDelete
  18. Gw pernah konsul ke dokter Widodo ini, Des.
    Gw juga (awalnya) ngerasa dokter Widodo ini OK banget deh. karena dia bisa tau semua keluhan-keluhan yang gw alamin. Jadi gw pun harus ikut pantangan makan.
    #Tapi kan gw udah gede, jadinya boleh melanggar. hahaha

    Cuma 'terpengaruh' sama sharing temen-temen gw, katanya semua anak yang datang ke dr. Widodo disuruh diet semua.
    Alhamdulillah, Athia pernah ikut diet 2 bulan. tapi kesian ah, nyaris gak bisa makan apa-apa, Bok.

    Jadinya gw test pencetus alergi Athia di tempat lain. Sekarang Athia gak seketat diet dr. Widodo, udah lumayan enak makannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah ternyata kita samaan yaak ..bikin sutris banget kan yak ngadepin anak susah makan...
      btw, dimandre Ndah itu testnya ? gue jadi penasaran deh..



      Delete
  19. Deeees,,,
    Pasti stres banget lah kalo anak susah makan gitu...
    Sulu pun Kayla sempet kayak gitu, tapi gak berlangsung lama,
    kesini-sini sih semuanya diembat ama dia,...hihihi...

    Mudah2an aja treatment nya Radit berhasil yah Deees :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga berpikir kayak gitu teh... sapa tau ntar kalo udah 5 taunan bakalan membaik selera makannya kan...tapi kalo diliat badannya kecil gitu, jadi gregetan sendiri..makanya aku cuss bawa Radit ke dokter.. :D

      amiin...smoga ya teeh.. :*

      Delete
  20. Hihi, waktu kecil aku juga susah makan. Mana alergi sama 20 jenis bahan makanan lagi. Tapi aku sukaaa banget minum susu, sampai lewat TK Ibu khawatir soalnya kalau minum susu maunya ngedot dan berbotol-botol. Tapi kata dokter gpp, malah bagus. Minusnya aku keterusan ngedot sampai sekolah, hahaha :p Good luck ya untuk Radit, sehat selalu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo Radit malah kalo ga diingetin, ga di minum itu susunya. Makanya aku khawatir banget, udahlah makan ogah2an, minum susunya juga biasa aja..jadi aku gemeeesssssssss hahaha

      amin..makasih ya Ndi.. :)))

      Delete
  21. pa kabar mama radit...*cipika cipiki dulu..pakabar si kecil mas radit dan adek..:) semoga sehat sehat yah mbak sekeluarga, maaf jarang bw...sambil sambilan ngeblog dan BW nya nggak bisa intens kayak dulu hiks...
    ngomong ngomong soal berat badan anak...si nduk juga kayak gitu..duh tiap kali memandang dan melihat body si nduk..duh bikin sutris...apa aja udah dilakukan..cemilan tinggi kalori...alpukat setiap hari...susu UHT dibanyakin....ini itu..keju dsb...walah tetap tetap segitu..kayaknya 5 tahun skg masih saja dikisaran 15.5 kg hiks... tinggi masih accept di 70% rata rata.sempat alergi juga yang batuk tiap pagi dan malam mau tidur itu...alhamdulilah sekarang enggak...kayaknya suspectnya dari susu-nya yang bubuk itu dulu...soalnya pas itu di hentikan wis full UHT alhamdulilah aman aman saja sekarang...kalo makanan selama sehat dan menghindari banyak gorengan atau yang crispy dan junk food alhamdulilah radangnya nggak sering kambuh..kalo tanya ke dokter dsa nya..dia bilang..nggak papa selama anaknay sehat dan lincah ...semangat aktif..nggak loyo dan nggak gampang sakit...tapi sering kali ada keluhan juga di perut...tapi dokternya belom pernah menyarankan diet pantangan makanan ini itu...semoga sehat sehat yah mas radit...dan anak anak kita semoga sehat sehat yah mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naaah..samaaaa mba kitaaaa... T____T
      berbagai cara udah dilakuin, tapi segitu2 aja ga nambah2... :(
      makanya aku coba konsul, sapa tau cocok... emang banyak banget yang dipantang, apalagi telor Radit suka banget. Katanya bener2 harus telaten, kalo mau liat hasilnya...

      amiin... sehat2 juga ya Kinan.. :*

      Delete
  22. Semoga 2 Bln lg Udh nambah berat badannya Radit ya Mak.. *permisinumpangkomen..hihi...

    ReplyDelete
  23. mba yu.. lo sama kaya suami gw yak.. makannya picky eater dan makan di anggap bukan kebutuhan.. makanya kalian berdua itu badannya segitu2 aja dari jaman kuliah sampe skrg.. ga kaya gw *tutupmuka

    eh tapi tania juga picky eater loh.. itu anak klo ga disodorin makanan bakalan ngga makan sampe sutris juga gw.. pengen juga deh coba konsul ke dokter perihal ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha embyeeeerrr...

      bener2 bikin sutris kan yak kalo anak picky eater.. huhuhu coba aja mba yu lo konsulin...

      Delete
  24. semogaa dede cepet tumbuh gendut yaa dan tinggi juga :)

    ReplyDelete
  25. Wah sama mbak Kynan juga sudah 2 tahun beratnya ga pernah lebih dari 10kg. makan juga cuma dikit, kadang mau kadang enggak sssstttt....
    semoga treatmentnya Radith lancar ya... aku mau nyontek hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. naah..kan kalo kayak gitu bikin senewen emaknya ya mak... T__T

      amiin... amin..smoga .. :)))

      Delete