Monday, October 13, 2014

..tentang strooke & Rs Pon cawang..

Disclaimer :
Postingan ini gue tulis berdasarkan pengalaman gue sendiri. Dan ga ada sangkut pautnya sama rumah sakit PON dan bpjs. Jadi ini bener2 murni yang gue rasain selama berhubungan dengan rs itu yaa..

Adakah yang udah tau kalo sekarang udah ada rumah sakit khusus otak? Gue belakangan baru tau dan bahkan akrab ama rumah sakit ini karna seringnya bolak balik ke sana.

Jadi tuh rumah sakit Pon, khusus menangani penyakit yang berhubungan dengan otak dan syaraf. Lokasinya menurut gue cukup strategis, disebelah gedung BNN cawang. Tapi kebayakan orang2 blom tau tentang adanya rumah sakit ini. Kalo mau lebih tau detail lagi coba klik disini

Gue dan keluarga sih salut sama rs Pon, pelayananannya yang cepet tanggep, dokternya juga ngasih penjelasan jelas, petugas2nya ramah, ruangannya juga bagus2. Mungkin karna masih baru juga ya gedungnya. 

Semua yang berhubungan dengan otak, bisa ke rumah sakit ini. Apalagi rumah sakit ini melayani peserta BPJS. Tau ga sih, swaktu FIL di rawat selama sebulan disana, ga sepeser pun kita ngeluarin uang. Semua udah di cover sama BPJSnya looh. 

Ternyata di antara pro dan kontra tentang bpjs ini, gue malah merasakan banget manfaatnya..  :)

Sekedar sharing aja..sekitar empat bulan lalu, FIL gue tiba tiba kena strooke. Bener2 ga disangka2. Padahal siangnya masih sehat bugar gitu. Namapun takdir itu rahasia Allah ya, kita ga ada yang tau sama sekali bakal ada kejadian ini. 

FIL gue ini termasuk yang keliatan muda dari usia yang sebenernya loh, 64 taun. Fisiknya masih keliatan seger banget. Jarang sakit, trus makannya selalu dijaga, tapi ternyata bisa kena strooke juga. Kita sekeluarga shock banget liatnya. 

Sempet dirawat di rs swasta daerah jaksel, dan langsung masuk ruang icu selama 4 hari karna keadaannya koma. Dan tau kan, biaya icu perharinya itu mihilnya amit2. Kalo ga pake suransi, duuuhh ampuun deh bikin kejet2.

Stress pleus bingung banget dah, pas dokter bilang kalo FIL gue harus sesegera mungkin di pindahin ke rs yang lebih lengkap alat2nya, mereka udah angkat tangan karna kondisi FIL yang ga sadar2. Ya udah kita cari2 rs laen lagi yang sekiranya bisa nanganin kondisi FIL gue.

Ndilalaah..gue ga sengaja liat ada rs PON di cawang ini. Dan pas kita cari tau, ternyata rs ini bisa pake bpjs. Dan Alhamdulillah, pas kebetulan banget kartu bpjs FIL gue udah jadi (pas FIL masuk icu di rs swasta itu, siayah emang lagi urus bpjsnya FIL, karna sapa tau beneran berguna. Secara biaya rs sekarang keterlaluan banget mihilnya T____T). 

Long story short, FIL gue di rawat di icu rs ini. Pelayanannya sigap banget, kita sendiri jadi tenang karna FIL udah berada di rs yang tepat. Gue ga tau deh kalo ga pake bpjs, pasti biaya rs tuh udah ga tau melambungnya kayak apa. Bersyukur banget ketemu rs ini dan bisa dicover bpjs.

Sayangnya, karna rs ini masih baru banget (denger2 sih baru resmi di buka April lalu), tempat makan atau kantinnya bloman ada ciiin.

FIL sempet dibolehin pulang, dan rawat jalan ke rs Pon. Walopun blom bisa ngomong dan masih lumpuh total. Tapi kondisinya udah jauuh lebih baikan dari waktu pertama kali di bawa ke rs pon.

Tapi lagi2 takdir yang nentuin. Tanggal 8 september, FIL dipanggil yang Kuasa. Sediiiih bangeet. Apalagi gue yang tiap hari interaksi sama belio, ngerasa keilangan bener. Kita manusia cuma bisa berusaha, tapi semua Allah yang nentuin.

Insya Allah, FIL udah berada di tempat yang terbaik sekarang..Amiin..

Kenapa gue nulis tentang rs ini, karna orang2 blom banyak yang tau tentang rs ini. Sapa tau berguna kaan... :)

26 comments:

  1. turut berduka cita mbaa, infonya insyaAlloh bermanfaat

    ReplyDelete
  2. Turut berduka cita ya Mbak...
    Suka lewat BNN kalau naik busway, tapi nggak pernah perhatiin ada RS ini Mbak hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih ya Un.. :)
      iya..ketutupan pohon2 soalnya..jadi orang ga ngeh yaa ada rs disitu..

      Delete
  3. Turut berduka cita ya mbak..

    Ttg bpjs, walau pun banyak yg mencemooh, scr aplikasi menurutku lumayan bagus.. *cuma bayaran utk dokternya aja yg sering telat* *curcol* pelayanannya sama spt pasien umum..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi katanya sih gitu...bayarannya ke dokternya sering telat ya ...

      makasih ya mba Nita.. :)

      Delete
  4. innalillahi, turut berduka cita ya des.

    Semoga amal ibadah beliau diterima Allah SWT, dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran serta kekuatan.

    ReplyDelete
  5. Iya gw sering dgr tuh mak pro dan kontra nya bpjs. Tp bnyk yg pro sih :)

    Turut berduka cita lagi yah mak :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gue sih pro banget dah...secara preminya mursidah tapi bisa mengcover sakit berat.. meskipun prosedur berobatnya emang musti ke puskesmas atau klinik kecil dulu.. :D

      makasih ya mak... :)

      Delete
  6. Turut berduka cita ya mbak....Makasih infonya, insya allah berguna :)

    BPJS harus mah! Kalau sekarang masih pakai asuransi kantor, tapi kalau seandainya hubby udah mantap usaha sendiri dan siap resign, bakal daftar BPJS juga. WAJIB!

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin..smoga ya mba Mayy :)

      iyeess bener itu mba...
      katanya taun depan seluruh warga Indo harus udah daftar bpjs sih.. bener2 menguntungkan kok kalo menurut aku.. :)

      Delete
  7. turut berduka cita ya des.. semoga alm diterima semua amal ibadahnya..

    makasih banyak soal info rs nya ini.. gw pun ngga tau ada RS ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiiin..makasih mak Nike .. :)

      gue pun baru tau juga pas ga sengaja lewat didepannya mak, bener2 harus disosialisasikan deh rs ini..

      Delete
  8. Turut berduka cita mba Desi, semoga FILnya diberikan tempat yang terbaik :)

    ReplyDelete
  9. turut berduka cita, Mak

    Rasanya akhir2 ini saya makin sering dapet info ttg positifnya BPJS. Saya juga tau BNN Cawang, tapi gak pernah merhatiin kalau di deket situ ternyata ada rumah sakit juga. Thx infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mak Myra.. :)

      iya ternyata bpjs yang aku rasain berguna banget mak.. jarang2 asuransi dengan premi murah mengcover sakit kritis kan.. :))

      Delete
  10. Deeees...
    Turut berduka yaaah...semoga amal ibadah beliau diterima dengan baik oleh Nya...

    belakangan ini marak banget sih tentang pro-kontra BPJS yah Des..
    Postingan ini bisa jadi testimoni yang bisa dijadikan acuan sepertinya...

    Makasih buat infonya yah Des :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin ..makasih teh Ery.. :)

      iya mba..bener2 bermanfaat banget bpjsnya..kesannya ribet tapi kalo dijalanin sesuai prosedur, hasilnya lebih dari ekspektasiku .. :))

      Delete
  11. Turut berduka mbak,

    btw semalam bapak saya masuk RSPON dan masuk lewat UGD, malah ditawari pakai bpjs. Padahal kami dari rumah sudah siap dengan biaya2nya.
    Puji Tuhan, dapat di kelas 1 yang sekamar cm ber2 n serasa kamar vip karena gede banget. Pelayanan bagus, perawat ramah, dan bener2 kawah candra dimukanya penyakit syaraf se Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga cepet pulih ya bapaknya...

      rs pon memang salah satu rs terbaik penanganan penyakit syaraf...

      Delete