Wednesday, January 14, 2015

..Imunisasi Kinar..

Kalo udah saatnya mau imunisasi Kinar tuh rasanya campur aduk. Antara deg2an takut Kinar bakalan rewel after diimunisasi, sama takut tiba2 gue pusing liat tagihannya, hahaha 

Abisnya imunisasi sekarang mehong amir ih. Kalo imunisasi bcg, hepatitis b mah ga begitu mahal. Nah kalo udah imunisasi combo, beuh liat harganya aja bikin mau nangis bombay. Kinar kemaren imunisasi dpt + hib + polio yang ga pake panas. Tapi walopun ga pake panas, nyatanya Kinar tetep aja loh demam. 

Gimana kalo pake yang panas ya. Bisa demam tinggi kali ya. Ngeri ah ngebayanginnya. Kemarenan aja udah bikin nelongso emaknya. Kasian liat Kinar rewel dan agak ngerintih. Udah gitu maunya juga digendong aja, ga mau ditidurin di tempat tidur. 

Makanya gue agak parno kalo mau imunisasi anak. Dulu Radit imunisasinya cukup di bidan. Dan dulu imunisasinya juga yang wajib aja. Radit emang ga gitu rewel after imunisasi, walopun pake yang panas.

Kalo sekarang, karna gue butuh konsultasi tentang Kinar, jadi gue sekalian imunisasinya di rs. Dan dari segi harga jomplang banget yaaak antara di bidan ama di dokter *menurutt Looo.. :D

Kinar ini beda ama Radit dulu. Radit bayinya jarang gumoh2. Kalo Kinar, waktu masih bayi sering gumoh2 kalo abis nyusu. Kalo gumoh lewat mulut mah biasa, nah ini Kinar gumoh lewat hidung juga. Gimana gue ga panik..

Gue baca review2 sih, gumoh lewat hidung itu masih termasuk normal untuk bayi o -  4 bulan. Tapi untuk lebih yakinin lagi, gue konsultasilah ke dokter. Dan dokter mastiin sih itu masih dalam tahap wajar.

Alhamdulillah sekarang Kinar udah 6 bulan, dan emang beneran ilang itu gumoh lewat hidungnya. Jadi tuh dulu, Kinar kan kalo nyusu gragas banget dan ga berenti2, akibatnya lambungnya yang kecil ga sanggup nopang cairan yang masuk. Udah gitu pencernaan bayi kan emang blom sempurna banget. Makanya akhirnya kalo kekeyangan bisa gumoh2 banyak bahkan lewat hidung juga.

Antisipasinya, kalo sibayi abis nyusu, segera di gendong tegak sekitar 5 menit, trus di tidurin miring kepalanya biar kalo gumoh bisa keluar lewat mulut. 

Bok, beneran bikin panik deh kejadian itu. Nah, makanya akhirnya keterusan deh imunisasi ama dokter terus. Padahal kan kalo imunisasi di bidan bisa lebih murce *teteeup ye.

Lagian berdasarkan penjelasan dari dokter, basically imunisasi di bidan, di puskesmas, di rumah sakit itu sama aja. Vaksinnya juga sama kok. Cuma bedanya kan kalo di bidan ama dipuskemas, satu kemasan vaksin bisa untuk beberapa anak. Nah kalo di rs, satu kemasan vaksin itu ya untuk satu anak. Udah gitu kalo di puskemas kan ada subsidi dari pemerintah. Nah makanya imunisasi di rs bisa lebih mahal karna ga disubsidi*cmiiw

Tadinya gue mau imunisasi dpt selanjutnya di bidan aja, tapi gue ga tega karna nanti pasti demamnya bisa lebih tinggi. Wong pake yang ga panas aja demam, apalagi  pake yang panas. 

Jadi... udah harus siap2in dompet nih buat imunisasi combo selanjutnya.. :,)

28 comments:

  1. mbak des, aku kalo vaksin Birru di Rumah Vaksin. rada ademin dompet soale...hehehe... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak Prita..katanya rumah vaksin lebih bersahabat ya harganya..
      soalnya aku sekalian konsultasi lanjutan ama dokternya..jadi kadung terlanjur ..yo wiss di dokter lagi... :D

      Delete
  2. Mbak, kata Mama aku dulu tiap imunisasi selalu pakek demam. Hahah.. Tapi ya ngga papa sih, soalnya kan wajar kalok anak kecil demam. Malah pecicilan kayak gini. ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iya sih kata dokternya wajar kalo demam2 dikit..

      Delete
    2. Semoga Adek Kinar selalu sehat yaaaah.. :*

      Delete
    3. amin..amin..makasih Beby.. :*

      Delete
  3. kasian emang kalo abis imunisasi trus panas ya. kalo dikasih acetaminophen bisa nolong gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya demam rewel gitu..padahal udah pake yang ga panas..
      kemarenan sih ga diresepin apa2 ama dokternya.. jadinya ya agak rewel karna mungkin ngerasa ga nyaman ama tubuhnya yg lagi demam..

      Delete
  4. makjleb yah mba liat harga imunisasi, tapi bukannya emang kalo demam abis imunisasi berarti immunnya bekerja yah mba ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. makjleb sekaliiiih...hahaha..
      menurut yang aku searching di internet sih mostly bilang gitu.. dan kata dokternya juga masih wajar kalo hanya demam 1 harian mah..

      Delete
  5. Iya ya Des kihat harga imunisasi itu emang bikin nahan napas bentar. Tapi yagimanalagi kan ya. Gw imunisasi kalo ga lagi harus ada konsul lanjutan ato apa gitu suka ke markas sehat. Relatif lebih murah dibanding ke dokter di rs mah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah gue denger juga gitu di markas sehat harganya lebih reasonable.. next, gue mau coba ke rumah vaksin atau markas sehat ini.. heuheuheu

      Delete
  6. Gw imunisasi Lea di Rumah Vaksin mak, lumayan bgt beda nya sm rspp hahahhaa *yaeyalah* dah gt Dr nya juga paham bgt, jd sekalian konsul di dia :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih mak..after konsul lanjutan nanti ama dokternya, rencananya next imunisasi gue mau di rumah vaksin atau markas sehat aja mak.. pan lumayan yak selisihnya bisa beli beras..hihihihi

      Delete
  7. Iya nih Des...
    Gosipan sama ibu-ibu di sekolahnya Fathir yang punya bayi, imunisasi pada mahal-mahal yaaah...
    Gak papa lah Des, kan cuma sampe 2 tahun aja kan yah? Yang penting Kinar nya sehat...

    Memang kalo abis imunisasi kitanya harus ekstra sabar karena si bayi pasti ngerasa gak enak badan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya teeeh..musti sabar2 inih..*elus elus dompet* :D

      iyaa bener teh, anak yang biasanya ceria trus jadi rewel, bikin kitanya juga nelongsoo...

      Delete
  8. Aku juga dulu imunisasi anak-anak pakai yang panas, ketauan kan gak mau repot hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi aku juga ga mau repot mba.. :D

      Delete
  9. Ahh samaan mbak, Kynan juga dulu ngragas abis akibatnyaaaa gumoh lah hihiiii, iya sih harga imunisasi ituuu ya gitu deh apalagi yang imun bukan wajib, woww banget tapi ya gimana ya kalo ga imun... :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naaaah...apalagi ituu Maak ..harganya lebih makjleb lagi imunisasi yang ga wajib yaak..*garuk garuk aspal* :D

      Delete
  10. Duo R jaman bayi juga sering Des muntah lewat hidung, apalagi si adek ini..beuuh...sering banget dulu dia muntah lewat idung. Tapi karena udah pengalaman dulu dengan abangnya gitu, jadi begitu si adek ini aku udah gak gitu panik lagi sih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. oo..jadi duo R juga sama toh..tau gitu aku konsultasi ke kamu aja Lis..hraatiss hihihihi

      Delete
  11. Kalo aku imunisasi di rumah vaksin mba. Harganya sih sama kaya vaksin di rsb di bandung dulu. Tapi di rumah vaksin biaya dokternya gratis. Jadi lumayanlah hemat dikit.. Alhamdulillah vaksin combonya Rasydan dah selesai. Tinggal campak ni mba 2 bulan lagi. Semoga Kinar sama Radit sehat2 terus ya mba.. Aamiin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih mak Anin..next pengen ke rumah vaksin aja.. aku kemaren udah telfon2 dan harganya lebih murah dari yang di rs biasa aku imunisasi Kinar...

      Amiin.... amin... Rasydan juga ya sehat2 terus.. :*

      Delete
  12. Aku baru imunisasi dio 2x dan tetep deg2an tiap berdiri di kasir.. :))))
    Dulu jamannya oddy kan bisa reimburse yak, lah sekarang mah ga adaa.. :))
    Des, dio juga sering banget gumoh, sampe lebay gumohnya... karena tiap abis nyusu dia sering ngulet (karena pencernaannya belum bagus), dan gumoh yg keluar lewat idung itu (kata dokternya) justru bagus.. Artinya si gumoh keluar & ngga masuk lagi ke paru2... Katanyaaaaa... :P
    Sehat terus ya kinaar... *gigit pahanya kinar*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha iyaa suka was2 kalo udah saatnya bayar..takut bikin kepala nyut2an.. ;p

      waktu konsul ke dokternya juga bilang gitu sih Mut..makanya katanya wajar bayi sampe 4 bulan gumoh2 sampe lewat idung..

      sehat2 juga ya adek Dio....muuuuuaaaaaaahhhhhhhhhhh :*

      Delete
  13. sama banget des sama gw.. anak pertama dibidan.. anak kedua di rs.. jauh lebih mahal harganya

    ReplyDelete
    Replies
    1. eymbeer ya mak...huhhuu *kekep dompet*

      Delete