Tuesday, February 24, 2015

..Beli reksadana..

Disclaimer : postingan ini cuma mau infoin tentang gimana caranya beli / investasi reksana. Disini, gue ga akan jelasin lebih dalem untung ruginya invest di RD ya..Jadi sekedar info sajoooo... :D

Beli reksadana menurut gue salah satu investasi yang musti dicoba. Kenapa ? soalnya hasilnya lebih menguntungkan, ketimbang kalo kita cuma naro duit di bank tok. Beneran loh, gue udah ngerasain manfaatnya. 

Walopun invest RD gue masih terbilang dikit, tapi lama2 kan jadi bukit hihihi *amiin. Gue awalnya underestimate ama reksadana. Masa iya sih reksadana bagus dari deposito, masa iya lebih bagus dari emas, dan bla bla lainnya. Tapi pas gue coba sendiri, ternyata emang gitu kok.

Kalo mau lebih dahsyat lagi kan bisa terjun langsung ke saham. Cuma gue masih ga berani kalo saham2an. Jadi masih terbilang gue ini tipikal yang maunya main aman. Jadi pilihannya ya reksadana. Banyak banget refensi tentang reksadana yang beredar. Kita tinggal pilah pilih aja maunya yang mana. 

Untuk pertama kali sih gue saranin beli lewat bank dulu. Dan menurut banyak referesi juga, mendingan beli lewat commbank (kayaknya commbank mesti kasih royalti ke gue, secara gue promoin gini kaaannn...hihihi ) Soalnya kita bisa beli atau reedem langsung lewat inet banking. Less ribet.

Sebelumnya kita buka rekening dulu di combank, trus nanti kalo emang uangnya kita mau pake buat beli reksadana, kita diminta isi form profil dulu. Gunanya supaya kita tau mau pilih reksadana yang mana, yang sekiranya sesuai ama profil kita. 
Reksadana kan terbagi jadi 4 kategori : rd pasar uang, pendapatan tetap, campuran sama saham. Nah, gue pilih di rd campuran. Dari profil gue, keliatan kalo gue lebih cocok invest rd campuran. Yeuk mariii.

Sebelum gue beli rd campuran itu, gue dikasih liat kinerja beberapa profil reksadana tiga taun belakangan. Jadi gue tau mana yang kinerjanya ok atau cuma stuck. Trus sebelumnya gue cek juga info rd yang lagi bagus di infovesta.com. Disitu di gambarin jelas kinerja rd dari taun ke taun. Malahan diwebsitenya ada tanda bintang segala. Jadi buat pegangan kita juga, kalo rd yang kita pilih ini emang merupakan rd yang kinerjanya bagus. Kalo ada tanda bintang 5, berarti ok tuh.

Abis itu, baru deh kita putusin jumlah uang yang mau kita invest. Dikit2 aja dulu, misalnya kalo masih mau coba2 ya beli 500 ribu aja. Tinggal pilih mau autodebet atau ngga. Kalo gue sih pilih ga autodebet. Pertimbangannya kan gue mau coba2 dulu. Kalo ada duit lebih, ya gue bisa top up beli sendiri lewat inet banking. Oia..kalo beli lewat inet banking, bisa juga beli rd seharga 250 ribu. Tinggal di convert aja dapetnya berapa unit. 

Jadi rd diliat dari unit. Harga perunitnya bisa kita cek di website commbank atau infovesta atau website keuangan laennya. Ada yang harga perunitnya seribuan. Ada juga yang harga perunitnya itu puluhan ribu. Tapi jangan lupa, dicek juga kinerja setidaknya setaun belakangan, apakah ok atau ngga. 

Untuk jualnya lagi pun gampaang banget. Tinggal klak klik klak klik aja, dalam waktu paling cepet 4 hari, dana udah cair deh masuk ke rekening kita. Ibaratnya kayak kita beli emas aja. Kalo harga rd lagi turun kita beli deh tuh sebanyak yang kita mampu. Trus kalo udah naek harganya, bisa kita jual. Gampang kan ? :D

Tiap bulan, pasti kita dapet laporan dari commbanknya atau dari perusahaan rd tersebut langsung kayak misalnya Manulife, Schroder, Panin, BNP paribas, Mandiri, dll. Tapi sih sekarang kita bisa cek langsung dari inet banking commbank kok. Udah berapa unit sih yang kita punya? gituuu... 

Menurut gue, rd lebih cocok buat invest jangka panjang. Jadi kalo jangka pendek, kayaknya ga akan gitu keliatan hasilnya. Malahan jadi puyeng sendiri kalo liat rd ga naek2 *ngaca* hahaha..

Plan gue, invest di rd buat masa pensiun nanti. Mudah2an beberapa taun yang akan datang, atau masa pensiun gue dan siayah udah tiba, harga rd yang gue pilih udah menjulang. Tau2 punya uang sendiri buat masa tua. Ga mau repotin anak juga kan nantinya. Pokoknya intinya tinggal buat nikmatin masa tua aja.

Kalo kata pepatah bilang, don't put your egg in one basket. Taro deh invest kita di beberapa tempat kayak rd, emas, deposito atau invest properti sekalian. Prinsipnya mulai deh invest dikit2, nanti lama2 akan keliatan hasilnya kok.. :)

25 comments:

  1. ishh mak Desii keyennnnnn *jempol*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahhh... masih blom apa2 gue mah dibanding ama mak Yeye..hihihihi
      lagi kesambet rd aja nih gue..:p

      Delete
  2. Kereeeen... ini cara jelasinnya lebi gampang dicerna deh Mamaak. Aku sukaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. aahh masa sih maaak... *blushing* hehehe

      Delete
  3. thanks mbak des infonyaaa..sumpah enak banget dibacanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iihhhh mak Prita... makasih yaaa.. :D

      Delete
  4. Mak Desy jelasinnya cakep banget, coba mbak-mbak csnya kayak dikau mak hihihii...
    Aku nih yang masih maju mundur manis buat ber-rd

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha ayoo maaak...beneran bermanfaat kok si rd inih...ciyuss.. ;))

      Delete
  5. Iya ih, Desi jelasinnya sederhana banget, bikin gampang dipahami..hihihi...

    Thank you infonya ya buuu

    ReplyDelete
  6. Bagus nih idenya, mungkin aku juga bakal coba invest di beberapa tempat sekaligus ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe mumpung masih muda...pokoknya ga akan nyesel kalo kita invest di tempat yang bener ;))

      Delete
  7. Deeees...
    Pas pernah kapan itu aku diundang ke acara finance gitu dan dijelasin tentang reksadana...
    Hatiku mulai terbuka dan udah kepikiran pengen punya Deees...

    tapi masih maju mundur, karena males milih dan males browsing gitu....bhuahahaha...
    *males kok dipiara*

    Makasih banget share nya yah Deeeees :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mba..di mulai dari sekarang..hihihihi

      Delete
  8. Halo Admin / Blogger :)

    Saya sangat suka dengan postingan foto-fotonya :)
    Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi foto-foto,video,menggunakan disk online yang lain dengan tujuan berbagi informasi ? :)
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Anda bisa dengan bebas mengupload/download foto-foto,video,music dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    Terima kasih.

    Salam.

    ReplyDelete
  9. Nah, coba semua hal yang tentang keuangan penjelasannya sederhana kayak gini, ya. Saya tuh suka mumet sama urusan keuangan, padahal kuliah ambil perbankan *salah ambil jurusan kayaknya hahaha*
    Akhirnya, segala urusna keuangan diserahkan ke suami :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mak Myr...ini aja aku mumet tiap bulan pengeluarannya kok banyak beneer.... hahahaa ;p

      Delete
  10. Kalok masalah kek gitu aku sering sharing sama Bang Dani, Mbaaak.. Beliau jago banget masalah perbankan. Hihihi.. :P

    Aku jugak nih mau beli unit lagi.. Mayan buat anak ku entar.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. siip...selamat beli RD ya Beby.. ;)

      Delete
  11. Wah ada field report / review dari orang yang pernah makai langsung,
    ini yang dicari-cari

    ReplyDelete