Wednesday, June 3, 2015

..Kamar nyaman, tidur nyenyak bebas nyamuk..

Trauma dengan yang namanya dbd, membuat gue jadi antiiii banget sama yang namanya nyamuk. Rasanya kalo ketemu nyamuk tuh bawaanya esmosi jiwa :D Beneran deh, sakit Dbd itu ga enak banget. Lemesnya itu sampe kita ga bisa berdiri sendiri loh, saking trombosit turun terus. Alhasil, sekitar 3 - 4 hari gue dirawat di rumah sakit. Alhamdulillah dengan penanganan yang tanggap, akhirnya bisa sembuh dengan cepet.

Berbekal itulah, gue bertekad ngga akan membiarkan nyamuk - nyamuk nakal menyerang anak - anak gue. Apalagi kalo diserang nyamuk saat anak - anak tertidur pulas.  Hih, bikin emosi menggebu gebu rasanya pengen berantas nyamuk. Ngga jarang, si bayi Kinar terbangun malam - malam sambil nangis karna gigitan nyamuk. Ngeliat tangan dan kakinya Kinar bentol - bentol karna nyamuk itu kok gemesss banget yak.

Dari yang selalu sedia lotion anti nyamuk, menyemprot kamar dengan obat nyamuk satu jam sebelum anak - anak tidur, sampe berkali2 beli raket anti nyamuk, tetep aja nyamuk - nyamuk itu ga kapok menyerang.

Palingan hanya bertahan beberapa jam saja khasiat dari lotion dan obat semprot nyamuk itu, kemudian setelahnya malah kayaknya makin banyak nyamuk yang berkeliaran. Apalagi masuk musim kemarau ini, bener - bener deh nyamuk itu buanyaaaaakk banget.

Akhirnya waktu curhat sama temen di kantor, disaranin coba untuk pake obat nyamuk elektrik. Katanya sih ampuh bikin nyamuk ga dateng lagi sampe pagi. Ga pake lama gue langsung cuss beli obat nyamuk elektrik. Dari sekian banyaknya obat nyamuk elektrik yang tersedia di display supermarket, gue ambil brand Baygon.

Sebenernya sih agak ragu juga waktu mau dipasang dikamar, mengingat Radit dengan riwayat suka batuk - batuk di malam hari. Takutnya ga cocok dan malah jadi mubajir. Tapi karna dituliskan dikemasannya Baygon liquid elektrik bebas asap, ya udah di coba aja dulu.





Setelah pemakaian beberapa hari, keliatan banget hasilnya. Yang namanya nyamuk dikamar, hampir ga ada sama sekali.  Kayaknya nyamuk - nyamuknya itu pindah ke rumah sebelah deh hihihihi.   Anak - anak pun tidur tambah pules aja. Apalagi Kinar, udah jarang banget terbangun karna digigit nyamuk. Kalo ngeliat anak - anak tidur pules itu rasanya kok damaiii banget. Dan udah bisa dipastiin, mereka bangun pagi tanpa drama alias bangun dengan tersenyum. Trus nih gue perhatiin, kalo anak - anak tidur nyenyak, seharian moodnya mereka bakalan bagus loh, minim cranky  :D

Berikut tips gue gimana cara bikin kamar tidur nyaman bebas nyamuk, dan supaya anak - anak tidur dengan nyenyak..

1. Perhatiin setiap sudut kamar, jendela dan kolong tempat tidur, karna biasanya bagian - bagian itu luput dari perhatian kita. Pastiin selalu bersih, biar nyamuk ga bersarang dikamar. Jangan lupa bersihin juga kawat anti nyamuk yang biasa terpasang di ventilasi jendela kamar.

2. Usahakan pel lantai kamar tiap malam, kalo pakai karpet, usahakan di vacuum setidaknya  setiap hari. Percaya ngga, kalo lantai bersih, kamar jadi adem loh.

3. Perhatiin sirkulasi udara di dalem kamar. Kalo pake Ac, setidaknya rajin dibersihin tiap 3 bulan sekali. Oh ya, kalo kamar ga begitu luas, disaranin walopun sudah pake Ac, tetap harus pasang exhaust. Jadi walopun jendela dan pintu kamar udah ditutup, udara didalem kamar saat malam selalu berganti.

4. Ganti sprei setidaknya seminggu sekali dan juga cuci korden kamar sebulan sekali.

5. Perhatiin lighting di kamar. Usahakan ga terlalu terang dan ga terlalu gelap. Karna anak - anak ga suka berada di kamar yang gelap, jadi tiap malem, gue nyalain lampu tidur supaya suasana tambah nyaman.

6. Jangan taro terlalu banyak perabotan di kamar. Kebanyakan perabotan malah bikin sarang debu, kalo udah jadi sarang debu, nyamuk bakalan demen banget bersarang.

7. Pakaikan anak baju yang nyaman saat mau tidur.

8. Udah sekitar 2 bulanan, gue membiasakan anak minum susu hangat sebelum tidur. Itu cukup membantu loh bikin tidur nyenyak dimalam hari. Dan tentunya setelah minum susu, anak dibiasakan sikat gigi sebelum tidur.

9. Pasang obat nyamuk eletrik di kamar minimal 30 menit sebelum anak - anak tidur. Dalam hal ini gue pakai Baygon Liquid Elektrik, perlindungan anti nyamuk yang tepat untuk kamar anak, tanpa asap, tanpa repot, tanpa nyamuk.  Suka banget deh ama Baygon liquid eletrik ini, terbukti anak - anak ga batuk selama make produk dari SC Johnson ini . Biasanya kan kalo pake obat anti nyamuk, aromanya suka bikin anak jadi batuk - batuk.


Pulesssss... zzzzzzzzzz....

Intinya sih anak bisa tidur nyenyak, karna kondisi kamar yang nyaman. Dan tentunya bebas nyamuk. Sekarang gue udah ga perlu khawatir lagi sama nyamuk. Kalo kita rajin ngelakuin poin - poin diatas, dijamin say goodbye ama yang namanya nyamuk :D


Tulisan ini disertakan untuk #TUMBaygonBlogCompetition.

41 comments:

  1. aman ya dipake di kamar gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aman kok Man... dengan catetan sirkulasi udara di kamarnya oke.. ;)

      Delete
  2. Di rumah aku gak pernah pake anti nyamuk Des. Ada sih baygon semprot, tapi buat kecoa bukan buat nyamuk, soalnya di rumah nyamuk cuma sedikit, di kamar malah hampir gak ada, kalopun ada paling yang jadi andalan kami adalah raket nyamuk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo raket nyamuk, udah banyak banget Lis yang rusak saking seringnya beli raket nyamuk... hiihihihi...
      sekarang cukup pake liquid elektrik, udah pada minggat itu nyamuk :D

      Delete
  3. Nyamuk memang musti disikat habis ya mak...
    Gw juga gak bakal rela kalau kena gigitan nyamuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. eyymmm..musti diberantas sampe ke biang2nya dah... :D

      Delete
  4. di rumah saya banyak banget nyamuk setiap hari bikin emosi ajah , hihi

    ReplyDelete
  5. pulesss banget tidurnya :) saya juga paling sebel kalo udah digigit nyamuk mak, bawaannya garuk2 aja, akhirnya kulit jadi lecet :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naaaahhh...samaa maaak..makanya dendam kesumat banget deh ama yang namanya nyamuk ...hihihihi

      Delete
  6. Deeees...
    Duh, nyamuk2 di rumahku itu edan banget laaah..
    Pada seneng bergerombol dan ngumpul2 ngeselin gitu laah...
    Biasanya sih pake baygon semprot, tapi agak khawatir juga..
    Kayaknya harus nyobain yang elektrik ini deh :)

    Makasih sharenya yah Deees :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. cobain teeeh...pake yang elektrik ampuh bikin nyamuk pada ga betah di rumah, hihihihi ;))

      Delete
  7. Iya, kalo tidur nyenyak jadi less cranky, ya. Nggak cuma anak-anak Des, emaknya juga, hihihi..

    ReplyDelete
  8. andai yaa nyamuk nyedotnya lemak atau hutang pasti gw ternakkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwkwkwwkwkwkwkwkwkwkwwk sumpeeeehhh ngakak gue bacanya Tyyy... :D

      Delete
  9. Selama ini but ngusir nyamuk gue pakai yang semprot... tapi yang listrik ini ampuh juga ya ternyata. mau coba ahhhh

    ReplyDelete
  10. ana2 jadi nyaman ya tidurnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nyaman dan pulesssss banget mbaa... hihihihi

      Delete
  11. Belum pernah nyoba nih likuid elektrik. Pas lagi ngga musim nyamuk juga di rumah sih. Tapi kalau pas nyamuk banyak, aduh semaleman garuk-garuk mulu, abis itu kan aku garuk-garuknya ngga bisa secara halus, jadilah luka hahaha dan bekas item-item iyuhhh... entah kenapa pakai yang semprot juga ga ngusir nyamuk juga :( Itu ada baunya gitu ga sih Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. baunya agak harum gitu Un..cuma lama2 samar....jadi berasa ga pake obat nyamuk. Dan yang terpenting, di kamar sekarang nyamuknya ra ono... ;))))

      Delete
  12. Lagi musim banget nyamuk, gede2 kalo kena tabok darah nya banyak bikin BETE. Kalo gw demen pake elektrik macam itu juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. oia..bener ..bener...malah darahnya kadang suka bikin noda di sarung bantal ama kasur jadinya kan..

      toss masss...sesama pake elektrik :D

      Delete
  13. Aku belum pernah pake likuid elektrik. Kapan2 coba ah. Dii sini pun pernah ada kasus anak meninggal karena DBD. Jadi habis itu dua kali difogging sama orang dinkes. Syukurlah setelah itu udah jarang nyamuk yang muncul.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Inalillahi...ya Allah bener2 bahaya banget kan dbd yaa..
      harus ditumpas tuntas nyamuk2 tuh...

      cobain mba pake elektrik, minim nyamuk .. ;))

      Delete
  14. Jangankan anak kecil, kita aja kalo lg tidur trus ngueng-ngueng ada nyamuk tuh kyknya udah kepengen nabok orang aja kan ya Mak *horror* hahahaha. Syukurlah sudah ada solusinya ya, jd Radit + Kinar pules deh bobonya ampe pagi :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah eymmm maaak...esmosi jiwa kalo denger nyamuk ngueng2.. :D

      Delete
  15. Ya ampun anaknya lucu-lucu jangan sampai digigit nyamuk nakal yahh heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah jarang nyamuk mampir kamar lagi..hihihihi

      Delete
  16. iya, syaa juga pernah kena DBD, rasanya gak enak banget. Lagipula memang gak enak kalau tidur banyak nyamuk ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga enak dan ga nyaman maak... tidurnya gelisah gimanaaa gitu jadinya :D

      Delete
  17. Gue juga beteeee nih bekas gigitan nyamuk yang menghitam ihiks, thanks infonya mamak desy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hih sama Woroo..makanya gue dendem kesumat banget ama nyamuk :D

      Delete
  18. Iya juga ya, mak Desi. Naruh banyak perabotan di kamar bikin banyak nyamuk mampir. Di kampungku udah diadain dua kali fogging, tapi masih ada RT lain yang belum. Jadi tetep harus waspada sama dbd.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oalaah...mudah2an ga ada lagi korban dbd di lingkungan mu yaa..

      Delete
  19. Aku pakek yang kompetitornya Mbak, tapi berasa 'wangi' banget. :( Kayaknya mau pakek yang Baygon aja deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. cobain pake baygon eletrik deh Beb ;))

      Delete
  20. bisa dicoba nih tips end trik dalam menangkis serangan nyamuknya hehe

    ReplyDelete