Friday, October 21, 2016

..Radit pasca treatment..

Haloo..

Sehubungan dengan postingan gue yang ini.. I would like to share the story about my son, right after he got the INH treatment.

Sebelumnya makasih banyak ya..atas atensi yang diberikan untuk Radit. Banyaaaak banget email yang di kirimkan ke gue pribadi, yang menanyakan gimana kondisi Radit, pasca pengobatan tb yang dulu. Sekali lagi, Terima kasih sekali :)

Ternyata dari sekian email2 yang masuk, banyak juga kasus yang sama kaya Radit. Tapi ada juga yang curhat, dokter anaknya udah diagnosa si anak kena TB berdasarkan hasil rontgent aja, padahal belum dilakukan test mantoux. Duuh, gue miris banget bacanya.

Ada juga yang minta  pendapat gue, tentang apa yang harus dilakuin kalo kondisinya si anak udah positif test mantouxnya. Sebenernya bukan kapasitas gue kasih saran yang begini dan begitu, tapi berdasarkan pengalaman gue, ya gue ceritain lagi gimana prosesnya sampe Radit harus terapi INH selama sebulan, tanpa bermaksud merujuk ke dokter yang sama kayak Radit.

Intinya, kita sebagai orangtua harus selalu berfikir rasional kalo udah menyangkut anak sakit. Jangan segan bertanya detail ke dokternya. Dan selalu cari tau juga tentang info sebanyak2nya. Jadi, setidaknya kita lebih bisa mencerna sebuah diagnosa dokter. Bukannya mau menggurui, tapi kita harus lebih melek informasi tentang hal2 kesehatan loh..apalagi kesehatan anak2.


Speaking of pasca Radit ditreatment...Jadi tuh, setelah obatnya udah abis diminum, Radit treatment pijat juga. Untuk ngelancarin peredaran darahnya. Alhamdulillah kondisi kesehatan Radit semakin membaik. Terutama berat badannya yang perlahan naik. Dan sekarang udah berada di percentil yang aman untuk anak seusianya. Sekarang sih keliatan banget badannya lebih berisi dari yang sebelumnya. Gue seneeeeeng banget liatnya. Ternyata perjuangan kita ga sia sia.

Oia... ada yang nanya juga, apa sekarang Radit udah ga batuk2 lagi. Tentu aja, namanya anak2 pasti ga akan lepas yang namanya common cold. Batuk pilek ampe yang harus diuap juga pernah bulan lalu. Hanya aja kalo gue liat, daya tahan tubuh Radit sekarang lebih bagus.

Sekarang gue lebih maintain anak2 dengan minum madu aja tiap hari. Kalo lagi batpil, ya gue kasih obat yang gampang dibeli di apotik aja kok. Kalo disertai demam tinggi, baru deh gue bawa ke dokter. Dan untungnya sekarang gue udah ketemu 2 dsa idaman :D

Konsultasi enak banget ama dokter2 ini, dan pastinya ga sembarang ngasih antibiotik. Namanya dr. Tisa Rori, prakteknya di Rs Mitra Bekasi barat. Sama satu lagi, dokter Yuda di Rs Juwita Bekasi. Sebisa mungkin gue akan ke dokter2 ini kalo anak2 lagi sakit #bukan iklan loh ini.. :))

Sekian curhatan kali ini... maaf ya lama ga update... (ya kali aja ada yang nungguin postingan gue ;p)

33 comments:

  1. syukurlah kalau Radit udah sehat ya Des. Pas ketemuan kemaren emang kelihatan banget Radit seger dan lebih berisi. Gw sampe mikir kalo perkembangan anak jaman sekarang cepet banget ya. Kelihatan gede dan seger Radit. Semoga sehat selalu buat kita semua yaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihihi... Udah gede diaa..
      Alhamdulillah banget Dan, akhirnya emang ketauan apa sakitnya, dan udah diobatin dengan benar.

      Aamin..aamin..Makasih ya om Daniii... ;))

      Delete
  2. semoga tumbuh jadi anak soleh yang berbakti kepada orang tua..

    ReplyDelete
  3. Sekarang radit emang lebih berisi ya Des, alhamdulillah kalo ternyata jalan pengobatan yang ditempuh gak sia-sia ya. Emang jadi ortu zaman sekarang kita kudu banget proaktif dan kritis ya bok, bukan lagi nyari second opinion kalo perlu tiga atau empat *abis itu mabok diagnosa*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..Alhamdulillah banget Tyy...udah berisi banget..
      Ampe banjir air mata kalo inget dulu deh :D

      Delete
  4. dokter Yuda ini sama gak ya dgn dr yuda di hermina Depok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kurang tau juga mba..dr Yuda praktek di sana atau ngga..
      Aku selalu ketemunya di rs Juwita :)

      Delete
  5. Alhamdulillah ya mak. Radit cah ganteng, sehat2 yo Le, skluarga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamin...makasih tante Tykaaa.. :*

      Delete
  6. Maaf, sy silent reader,
    salam kenal ,
    sy membaca ttg anak mba, ada treatment pijet itu dimana ya mba ?
    anak sy juga pernah TB setelah minum obat perkembangan berat bdnnya belum ada perubahan berarti, mau nyoba jg treatment pijetnya.siapa th juga bs berhasil.
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba..

      Radit pijat ditempat kerabatku mba..kalo mau, nanti ku info by email.. :)

      Delete
    2. Blh mba , bs di email : tri_wningsih@yahoo.com , makasih ya

      Delete
    3. Sudah diemail ya mba.. :)

      Delete
  7. Alhamdulillah. Semoga terus sehat ya, Radit :)

    ReplyDelete
  8. Alhamdullilah ya mak. Semoga Radit dan dikau sekeluarga sehat - sehat selalu yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamin..aamin Buyu...makasih yaa,doa yang sama juga buat Buyu dan keluarga ;)

      Delete
  9. Semoga mas Raditnya selalu diberi kesehatan oleh Allah...

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah cepet membaik ya Radit

    ReplyDelete
  11. Replies
    1. Iya mak..Bersyukur banget sekarang udah sembuh..;)

      Delete
  12. Ikut bersyukur bersamamu Des, sekalipun gak pernah liat Radit, tapi dari ceritamu mmg udah nampak benar perkembangannya yaaa... Semoga anak2 kita selalu sehat ya Des..amiinn

    ReplyDelete
  13. Semoga Radit sehat2 terus ya, Des

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamin...aamin..makasih ya Rin.. :*

      Delete
  14. Iya Des...Radit emang keliatan naiknya BB Radit....sehat terus ya Radit... ;)

    ReplyDelete
  15. alhamdulillah anaknya sudah sehat.

    semoga makin kuat badannya setelah sembuh.

    ReplyDelete